Posted on

Akuntansi Keperilakuan

Penulis : Ratna Candra Sari

Tebal : vi + 314 hlm

Ukuran : 16 x 23 cm

Penerbit : Andi

Deskripsi :

Akuntansi Keperilakuan mendeskripsikan hubungan antara akuntansi dengan perilaku manusia, terkait bagaimana perilaku individu yang berada dalam sistem maupun yang berhubungan dengan sistem akuntansi.

Mulai dari teori framming; mental accounting; escalation of commitment; fiksasi fungsional dan data; heuristics; halo dan bystander effect; groupthink dan tindakan tidak etis; budgetary slack; kontrak kompensasi; theory of reasoned action & planned behavior dijelaskan dalam buku ini disertai hasil penelitian-penelitian terbaru. Buku ini akan memberikan analisis komprehensif mengenai teori-teori keperilakuan dan implikasinya seperti bagaimana terjadinya bias danproses pengambilan keputusan, kecurangan atau perilaku tidak etis sampai strategi untuk mengurangi perilaku tersebut.

Buku ini ditujukan untuk mahasiswa S1 atau S2 yang mengambil mata kuliah akuntansi keperilakuan serta praktisi, akuntan, auditor, pengambil keputusan, manajer dan pengguna informasi akuntansi untuk memahami dan memperbaiki proses pengambilan keputusan.

Posted on

Pajak Penghasilan, Teori, Kasus, dan Aplikasi

Penulis : Rahmat Hidayat Lubis

Tebal : xiv + 426 hlm

Ukuran : 19 x 26 cm

Penerbit : Andi

Deskripsi :

Buku Pajak Penghasilan ini membahas secara lengkap mengenai pajak penghasilan mulai dari Dasar-Dasar Perpajakan; Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan; PajakPenghasilan Umum dan Final; PajakPenghasilanPasal 21/26, 22, 23, 24, dan 25.

Buku ini terutama ditujukan agar pembaca lebih mudah dalam mempelajari dan memahami peraturan perundang-undangan perpajakan dengan pendekatan pada praktek penghitungan, pengisian dan pelaporan SPT Pajak.

Pembahasan dilakukan secara sistematis, aplikatif dan berdasarkan alat analisis yang tepat (peraturan perpajakan yang terbaru), sehingga buku ini diharapkan dapat membantu siswa, mahasiswa, praktisi, pengajar, dan masyarakat kalangan Wajib Pajak pada umumnya yang berkepentingan terhadap perpajakan.

 

Posted on

Analisis Laporan Keuangan

Penulis     : Pirmatua Sirait

Tebal         : x + 196 hlm

Ukuran     : 17,5 x 25 cm

Penerbit   : Ekuilibria

Deskripsi :

Informasi-informasi manajemen, khususnya keuangan diharapkan tepat waktu dan tepat manfaat. Dalam prakteknya, alat-alat dan sistem yang dapat digunakan untuk merealisasikannya selalu diupayakan untuk dikembangkan.Buku Analisis Laporan Keuangan ini disajikan lebih praktis sesuai dengan kebutuhan dan praktek akuntansi. Penyajiannya, lebih mengkhususkan pada analisis terhadap laporan keuangan baik secara parsial ataupun komprehensif, bukan analisis keuangan.

Posted on

Matematika Ekonomi

Penulis     : Saludin Muis

Tebal         : xx + 390 hlm

Ukuran     : 17,5 x 25 cm

Penerbit   : Ekuilibria

Deskripsi :

Matematika bagi mahasiswa bidang ekonomi pada umumnya adalah sebagai alat bantu, bukan fokus utama mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahan yang dijalani. Karena itu, matematika sering menjadi kendala bagi mahasiswa untuk menempuh mata kuliah yang memerlukan dukungan pengetahuan matematika. Untuk membantu mahasiswa mengatasi kendala tersebut, buku ini dihadirkan dengan menekankan aspek praktis dan sederhana, disajikan dengan latar belakang ekonomi mikro-makro dan topik-topik matematika yang dibutuhkan.Matematika untuk pemodelan, diberikan dalam bentuk lampiran berupa pemodelan dengan alat bantu perangkat lunak Minitab, supaya mahasiswa memiliki pengetahuan dasar untuk membangun model-model yang dibutuhkan dari data baku. Pengetahuan verifikasi model, diberikan pada bab terakhir. Hal ini mengingat pemahaman teori matematika pemodelan yang berada di dalam domain ekonometrik, yang menyangkut pengetahuan operasi matriks dan berbagai sifat data baku, bukan sesuatu yang mudah bagi mahasiswa pada umumnya. Padahal pemodelan ekonomi merupakan salah satu pengetahuan penting yang perlu dipahami

Posted on

Geologi Lingkungan

Penulis     : Imam Subekti

Tebal         : xxvi + 406 hlm

Ukuran     : 17 x 24 cm

Penerbit   : Mobius

Deskripsi :

Bumi adalah bagian dari alam semesta, dimana mahluk hidup termasuk manusia hidup dan berkembang biak. Maka lingkungan hidup adalah bagian dari kulit bumi yang merupakan habitat hidupnya yang disebut sebagai biosfer. Sebagai bagian dari bumi, kerak bumi juga berproses dan berkembang secara dinamis, saling berinteraksi diantara komponen-komponennya yang meliputi lithosfer, hidrosfer dan atmosfer, dan berulang secara periodik dalam berbagai bentuk siklus. Maka biosfer yang merupakan habitat hidup bagi berbagai mahluk, juga berproses, berkembang, dan berulang secara periodik dalam siklus-siklus. Sedangkan mahluk hidup sebagai penghuni biosfer, berkembang dan berproses secara adaptatif bahkan berevolusi mengikuti dinamika kerak bumi sebagai habitat hidupnya. Manusia, sebagai mahluk hidup yang khusus dengan kemampuan daya nalarnya, disamping beradaptasi juga mempunyai kemampuan untuk meng-intervensi proses siklus alam sampai pada batas tertentu, oleh karena manusia berkepentingan untuk masa depannya.
Dalam buku ini diuraikan proses-proses geologi, interaksinya dengan proses-proses alam lainnya, termasuk pengulangan-pengulangan dalam bentuk siklus-siklus periodik yang terjadi. Beberapa peristiwa intervensi manusia beserta dampaknya, disampaikan sebagai contoh yang menggambarkan betapa alam akan bereaksi, dan dapat justru mengganggu kepentingan manusia. Sehingga seyogyanya manusia lebih mewaspadai atas segala intervensi nya terhadap siklus alam, oleh karena siklus alam akan terus berjalan, berulang dan akan selalu menemukan jalan untuk melanjutkan siklusnya, atau memulai siklus-siklus yang baru. Bagaimanapun peristiwa-peristiwa alam pada masa lalu dan masa kini akan dapat terus berulang pada masa-masa mendatang.

Posted on

Liku-Liku Penurunan Kelahiran dalam Perspektif Kekinian

Penulis     : Trisnaningsih

Tebal         : x + 58 hlm

Ukuran     : 17,5 x 25 cm

Penerbit   : Mobius

Deskripsi :

Fertilitas (kelahiran) merupakan salah satu dari tiga komponen dinamika penduduk yang mempengaruhi peningkatan jumlah penduduk. Semua bangsa-bangsa di dunia mengharapkan keberlangsungan keberadaannya di muka bumi berasal dari anak keturunan yang dihasilkan melalui kelahiran. Tanpa adanya kelahiran, maka keaslian suatu etnis dapat dipastikan lambat laun akan punah dengan sendirinya.
Seberapa banyak jumlah kelahiran yang diinginkan, tidak sama antarbangsa dan antarnegara. Untuk mencapai keinginan tersebut setiap negara melakukan upaya pengontrolan kelahiran, baik yang bersifat mendorong maupun yang bersifat membatasi. Upaya untuk mendorong kelahiran merupakan permasalahan kependudukan yang pada umumnya dihadapi oleh negara-negara maju, sementara di negara sedang berkembang upayanya adalah sebaliknya, yaitu membatasi kelahiran. Berbagai tantangan yang dihadapai dalam pelaksanaan program pengendalian kelahiran disajikan dalam buku ‘Liku-liku Penurunan Kelahiran dalam Perspektif Kekinian’ ini.

Posted on

Lumpur Pemboran

Penulis     : Aris Buntoro

Tebal         : xiv + 176 hlm

Ukuran     : 17,5 x 25 cm

Penerbit   : Teknosain

Deskripsi :

Lumpur pemboran merupakan faktor yang penting dalam operasi pemboran. Kecepatan pemboran, efisiensi, keselamatan dan biaya pemboran sangat tergantung dari lumpur pemboran yang dipakai. Lumpur pemboran diperkenalkan pertama kali dalam pemboran putar sekitar tahun 1900. Pada mulanya, orang hanya menggunakan air untuk mengangkat serbuk bor (cutting) secara kontinyu. Kemudian dengan berkembangnya teknologi pemboran, lumpur mulai digunakan, dan fungsi lumpur menjadi semakin komplek dan untuk memperbaiki sifat-sifat lumpur tersebut ditambahkan bahan-bahan kimia (additive).Buku ini memberikan informasi dan pengetahuan tentang lumpur pemboran dan aplikasinya di dunia migas dan panasbumi secara praktis yang mencakup dasar perencanaan, karakteristik clay, bahan-bahan aditif, lumpur inhibitif, stabilitas shale, dan lumpur dasar minyak. Dengan pemahaman terhadap isi materi-materi dalam buku ini diharapkan bahwa pembaca akan mampu menformulasikan lumpur pemboran secara tepat yang pada gilirannya dapat membantu dalam program optimasi pemboran. Dalam buku ini, dikemukakan juga mengenai formulasi lumpur lapangan, cara perawatan, dan aplikasinya. Selain itu juga mengulas tentang diagnosa problem pemboran dan langkah-langkah penanganannya

Posted on

Geologi Umum

Penulis     : Imam Subekti

Tebal         : xiv + 178 hlm

Ukuran     : 21 x 26 cm

Penerbit   : Teknosain

Deskripsi :

Indonesia sebagai titik pertemuan tiga lempeng-lempeng besar kerak bumi, dengan sejumlah besar gunung api aktif, gempa bumi besar dan variasi komposisi kerak bumi yang kompleks, merupakan laboratorium alam besar dalam ilmu geologi. Hal ini menarik minat para pakar dari berbagai negara untuk menelitinya. Maka seyogyanya pengetahuan tentang geologi diperkenalkan sejak dini kepada masyarakat.
Buku ini memberikan uraian tentang ilmu pengetahuan geologi secara umum. Disusun secara kronologis, mulai dengan uraian singkat tentang proses terbentuknya bumi, sebagai salah satu planet di alam semesta. Berlanjut dengan proses pembentukan kerak atau kulit bumi sebagai habitat mahluk hidupnya, termasuk pergerakan dan interaksi diantara lempeng-lempeng kerak bumi. Berikutnya, proses kegunungapian atau volcanology dan gempa bumi, yang merupakan dampak nyata yang terasa sebagai akibat dari interaksi pergerakan lempeng-lempeng kerak bumi. Dibahas pula, proses eksogen dan geomorfologi serta air tanah. Pada bagian akhir diuraikan dalam bentuk kilas balik, bagaimana muka bumi berevolusi, termasuk evolusi kehidupan mahluk hidup yang ada dan pernah ada di bumi.