Posted on

Masa-Masa Awal Bahasa Indonesia

Penulis     : Harimurti Kridalaksana

Tebal         : x + 112 hlm

Ukuran     : 14,5 x 21 cm

Penerbit   : Obor Indonesia

Deskripsi :

Buku  ini memberikan pendangan baru  tentang hari kelahiran bahasa Indonesia.  Sebagian besar di antara kita berpendapat bahwa  hari lahir bahasa Indonesia adalah tgl 28 Oktober 1928.  Harimurti Kridalaksana, mantan guru besar FIB UI, yang masih sangat aktif menulis dan berkarya meluruskan  bahwa hari kelahiran bahasa Indonesia adalah tanggal 2 Mei 1926. Argumen dan penjelasannya dipaparkan secara lugas dan jernih dalam buku ini.

Buku ini juga menjawab siapa yang pertama kali mengusulkan Bahasa Melayu menjadi bahasa persatuan bangsa Indonesia.  Dijelaskan pula mengapa jutru Bahasa Melayu yang dipilih menjadi bahasa persatuan, bukan bahasa daerah lainnya yang berpenutur lebih banyak, seperti  Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda.

Inti dari buku ini adalah mengangkat jasa para pelopor dan perintis bidang bahasa Indonesia pada masa-masa awal  pergerakan nasional.  Dalam buku ini, sengaja ditonjolkan peranan Ki Hajar Dewantara, M. Tabrani, Soemanang, Soedarjo, empat pendekar Bahasa Indonesia pertama, dalam merintis wawasan tentang Bahasa Indonesia yang sekarang sudah menjadi pegangan generasi kita.  Rintisan merekalah yang menjadi awal sejarah bahasa kita, ketika kita meninggalkan kemelayuan dan berpindah ke keindonesiaan, perpindahan yang berlangsung secara evolusioner, sebagaimana tampak dari teks-teks yang beredar dari akhir abad ke-19 hingga tahun 1940-an yang terlampir dalam buku ini yang boleh kita anggap sebagai awal sejarah sosial Bahasa Indonesia.

 

Posted on

Hamparan Wacana: Dari Praktik Ideologi, Media, hingga Kritik Poskolonial

Penulis     : Wening Udasmoro (Penyunting)

Tebal         : 225 hlm

Ukuran     : 16 x 24 cm

Penerbit   : Ombak

Deskripsi :

Ide buku ini adalah untuk memberikan gambaran bahwa analisis wacana sebagai pendekatan, teori dan metode tidak bersifat tunggal, meskipun ada fondasi-fondasi yang tidak dapat ditinggalkan dalam cara analisisnya. Berbagai teori dan metode analisis wacana, yakni dari pemikiran Michael Foucault, Norman Fairclough, Teun Van Dijk, Ruth Wodak, Gunther Kress dan Theo van Leeuwen, Ernesto Laclau dan Chantal Mouffe, John Austin, Dell Hymes, dan Gayatri Spivak, diketengahkan secara komprehensif sekaligus dengan cara beroperasinya. Contoh doing discourse menjadi kekuatan dari tulisan-tulisan di buku ini. Pengoperasian teori dan metode menjadi sangat penting mengingat banyaknya buku analisis wacana yang ditulis oleh para ahli, tetapi secara aplikatif dan bagaimana teori serta cara berpikir dengan metode tersebut berfungsi, terutama dalam konteks wacana sehari-hari, media, dan dalam pengalaman sosiologis yang lain, seringkali masih marginal di dalam buku-buku tesebut. Sementara itu, konsep kritik poskolonial di sini berfungsi sebagai sebuah framework  dalam tataran empiris di dalam hampir semua tulisan tanpa harus selalu menyebutkan bahwa itu persoalan poskolonial. Hal ini karena mentalitas poskolonial menghantui dan hadir di hampir setiap wacana dan prakti-praktik sosial kita sehari-hari seperti yang dicontohkan dalam tulisan-tulisan di buku ini.

Posted on

Historisitas Kongres Bahasa Indonesia (1938-2003)

Penulis     : Sudaryanto

Tebal         : x + 131 hlm

Ukuran     : 16 x 24 cm

Penerbit   : Ombak

Deskripsi :

“Tahniah kepada Pak Sudaryanto yang telah menyumbangkan waktu, tenaga, dan ilmunya demi terbitnya buku ini. Buku ini sungguh luar biasa. Keberadaannya mampu melengkapi informasi tentang sejarah bahasa Indonesia. Kehadiran buku ini seumpama hujan di siang terik. Berbagai informasi yang disajikan dapat menumbuhkan kembali rasa ‘cinta dan bangga’ berbahasa Indonesia. Buku ini diharapkan mampu menjaga keberadaan bahasa Indonesia agar tetap menjai ‘tuan’ di Negera Indonesia.”

Indra Mulyaningsih (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

 

“Buku yang sangat informatif. Ibarat sajian makanan di restoran, buku ini komplet memuat sajian pembuka, inti, dan penutup yang dikemas istimewa oleh penulis. Kalimat yang digunakan pun mudah dipahami. Oleh karena itu, buku ini tidak hanya untuk mahasiswa studi Pendidikan Bahasa Indonesia atau sastra indonesia saja, tetapi untuk semua orang yang peduli terhadap perkembangan bahasa Indonesia.

Khaerunnisa (UMJ Jakarta)

Posted on

Toefl, Test Of English As A Foreign Language Preparation + cd

Penulis     : Slamet Riyanto dan Anna Christina Handhini

Tebal         : x + 614 hlm

Ukuran     : 19 x 23 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Orang mengambil tes TOEFL dengan berbagai alsasan yang berbeda-beda, misalnya: (1) untuk mendapatkan beasiswa belajar ke luar negeri, terutama Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa negara maju lainnya; (2) untuk memenuhi salah satu syarat utama dalam melamar pekerjaan di berbagai departemen pemerintahan, lembaga-lembaga swasta atau perusahaan-perusahaan baik asing maupun dalam negeri; (3) untuk bahan matrikulasi sebelum mengikuti perkuliahaan perdana ketika seseorang telah diterima di universitas/institut negeri/swasta; (4) untuk menduduki jabatan struktural tertentu di pemerintahan sebagaimana dipersyaratkan; (5) untuk persyaratan mendaftar atau persyaratan pengambilan ijazah di program pascasarjana; (6) untuk mengikuti short course program di luar negeri dan lain-lain.

Buku ini dimaksudkan untuk membantu Anda dalam mempersiapkan tes TOEFL dalam waktu singkat. Buku ini menyajikan teori dan praktik latihan tes TOEFL yang meliputi: listening comprehension(pemahaman dalam mendengarkan),structure and written expresssion(struktur dan ungkapan secara tertulis berkaitan dengan tata bahasa Inggris), danreading comprehension(pemahaman bacaan).

Untuk memperoleh hasil yang memuaskan, pelajarilah bab demi bab secara menyeluruh daripada buku ini. Kerjakanlah soal-soal tes TOEFL ini. Sedikit-sedikit namun pasti, kemampuan bahasa Inggris Anda akan meningkat dan pada akhirnya Anda tidak akan mengalami banyak kesulitan dan dapat meraih skor tes TOEFL di atas 500.

 

Posted on

Persiapan Diri Menghadapi Toefl PBT-CBT-IBT, Plus Tip Jitu Menghadapi Toefl

Penulis     : Vincent Darna Hadi

Tebal         : viii + 128 hlm

Ukuran     : 14 x 21 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Test of English as a Foreign Language atau TOEFL adalah tes kemampuan bahasa Inggris standar internasional, yang digunakan untuk keperluan akademik maupun profesional. Kemampuan berbahasa Inggris ini umumnya disyaratkan di perguruan tinggi, perkantoran, dan berbagai instansi lain.
Buku ini menyajikan contoh soal-soal TOEFL dengan kertas dan pensil (PBT), TOEFL dengan komputer (CBT), TOEFL dengan internet (IBT). Kemampuan yang diuji meliputi listening, structure, reading, speaking, dan writing.
Ketiga macam TOEFL tersebut juga banyak diselenggarakan di berbagai tempat di Indonesia, antara lain di perguruan tinggi dan instansi-instansi pemerintah maupun swasta sebagai salah satu syarat untuk meraih beasiswa, kenaikan pangkat, atau melanjutkan studi ke S2, S3, ke luar negeri, dan sebagainya. Tuntutan skor minimum, misalnya, TOEFL kertas dan pensil (PBT) 550, TOEFL dengan komputer (CBT) 213, dan TOEFL dengan internet (IBT) 79. Dalam beberapa buku model tes terbitan luar negeri, skor tertinggi untuk PBT adalah 677, CBT 300, dan IBT 120 (Sharpe, 2007 : 17).
Semoga buku ini dapat membantu para akademisi, mahasiswa, karyawan, dan siapa saja yang ingin menghadapi TOEFL pada umumnya, dan khususnya bagi para pemula yang hendak menempuh TOEFL. Temukan juga tip jitu menghadapi TOEFL dalam buku ini.

Posted on

Mastering TOEFL Essay – Penuntun Praktis Menghadapi Writing Section

Penulis     : Hotben D. Lingga, Poanto Simon, & Malinda Mandy Lie

Tebal         : viii + 336 hlm

Ukuran     : 20 x 28 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Buku Mastering TOEFL Essay ini berisi panduan singkat tentang Writing Section dalam ujian TOEFL iBT. Seluk-beluk dan informasi tentang TOEFL iBT Writing Section dipaparkan secara singkat dan komprehensif.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan, kompetensi dan rasa percaya diri dalam menghadapi ujian TOEFL iBT Writing Section, milikilah buku ini karena buku ini akan memandu Anda dalam memahami apa itu TOEFL iBT Writing Section secara singkat, cepat dan komprehensif. Selain itu, buku ini berisi berbagai tip dan panduan praktis dalam mempersiapkan diri untuk menaklukkan TOEFL iBT Writing Section sehingga akan memampukan Anda terbiasa dan terlatih untuk mengerjakan atau menghadapi bagian Writing ini.

Semua topik esai yang selalu diuji dalam tes TOEFL disajikan lengkap dalam buku ini. Anda bisa memilih topik esai yang menarik perhatian Anda, menganalisis dan mengorganisasi ide-ide Anda sehingga Anda bisa mendapat nilai setinggi mungkin. Ada 450 contoh esai yang dapat menjadi acuan dan pilihan untuk membantu mengembangkan ide-ide Anda sendiri. Buku ini pun dilengkapi daftar kosakata dasar TOEFL yang wajib untuk Anda kuasai karena kosa-kata ini hampir selalu muncul dalam setiap ujian TOEFL.

Anda tidak akan pernah ragu menghadapi TOEFL iBT Writing Section jika Anda memilih buku ini sebagai sumber referensi dan teman belajar Anda.

Posted on

Buku Seri Persiapan iBT TOEFL Tes Kosakata – Mastering iBT TOEFL Exam Vocabulary

Penulis     : Hotben D. Lingga

Tebal         : xii + 336 hlm

Ukuran     : 19 x 23 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Buku ini berisi panduan singkat tentang Writing section dalam ujian TOEFL iBT. Seluk beluk dan informasi tentang TOEFL iBT Writing Section dipaparkan secara singkat dan komprehensif.

Kalau Anda ingin meningkatkan kemampuan, kompetensi dan kepercayaan diri dalam menghadapi ujian TOEFL iBT Writing Section, inilah Buku yang harus Anda miliki, karena:

  • Buku ini akan memandu Anda dalam memahami “apa itu” TOEFL iBT Writing Section secara singkat, cepat dan komprehensif.
  • Berisi tips-tips dan panduan-panduan praktis dalam mempersiapkan diri untuk menaklukkan TOEFL iBT Writing Section sehingga akan memampukan Anda terbiasa dan terlatih untuk mengerjakan atau menghadapi bagian Writing ini. Anda pun bisa memilih topik esai yang menarik perhatian Anda, menganalisis dan mengorganisasi ide-ide Anda sehingga bisa mendapat nilai setinggi mungkin.
  • Semua topik esai yang selalu diuji dalam tes TOEFL disajikan lengkap dalam buku ini
  • Disertakan 450 contoh esai yang dapat menjadi acuan dan pilihan untuk membantu mengembangkan ide-ide Anda sendiri.
  • Dilengkapi daftar kosa-kata dasar TOEFL yang wajib untuk Anda kuasai, karena kosa-kata ini hampir selalu muncul dalam setiap ujian TOEFL.

Anda tidak akan pernah ragu menghadapi TOEFL iBT Writing Section jika Anda memilih buku ini sebagai sumber referensi dan teman belajar Anda.

Posted on

Karakteristik Bahasa Toni Blank: Kajian Psikolinguistik Teori dan Praktik

Penulis     : Wahyu Wiji Nugroho

Tebal         : 126 hlm

Ukuran     : 15,5 x 23 cm

Penerbit   : UGM Press

Deskripsi :

Buku sederhana ini berusaha untuk memerikan fenomena-fenomena kebahasaan yang dimiliki oleh penderita skizofrenia atau gangguan jiwa khususnya pada Toni Blank. Fenomena kebahasaan tersebut kemudian diklasifikasikan dan dijabarkan dengan disertai contoh-contoh sederhana yang diambil dari ujaran Toni Blank.

Dari ujaran-ujaran Toni Blank tersebut ditemukan bentuk karakteristik kebahasaan Toni Blank yang meliputi: inkoherensi, neologisme, bloking (kesenyapan) baik kesenyapan diam maupun terisi, repetisi, campur kode, deiksis, serta defisit pragmatik. Selain itu, ditemukan pula pola komunikasi Toni Blank yang cenderung melanggar semua prinsip kerja sama, mulai dari pelanggaran maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim pelaksanaan. Kemudian, dalam buku ini juga disampaikan bahwa Toni Blank ternyata masih mempunyai kemampuan dan menguasai pemakaian alat kohesi. Temuan ini menunjukkan bahwa sebagai penderita skizofrenia, Toni Blank masih memiliki kemampuan untuk menggunakan alat kohesinya secara baik, sedangkan kaitannya dengan penguasaan koherensi, Toni Blank memiliki kecenderungan untuk tidak mampu membuat pernyataan yang sinambung atau tidak koheren dengan lawan tutur. Diharapkan buku sederhana ini mampu memberikan informasi baru bagi ilmu bahasa khususnya bidang psikolinguistik.

Posted on

Penulisan Buku Teks Bahasa Arab

Penulis     : Syamsudin Asyrofi & Toni Pransiska

Tebal         : 174 hlm

Ukuran     : 16 x 24 cm

Penerbit   : Ombak

Deskripsi:

Buku teks (textbook) merupakan komponen penting dalam sistem pembelajaran, termasuk sistem pembelajaran bahasa Arab. Progresivitas dan kualitas pembelajaran Bahasa Arab sangat dipengaruhi oleh buku teks. Oleh karena itu, para pengembang dan penulis buku teks harus memperhatikan aspek-aspek penting dan vital seperti; kesesuaian materi, penyajian materi, penggunaan bahasa dan keterbacaannya, kualitas latihan dan soal yang disajikan, serta aksesibilitas terhadap buku teks. Singkatnya, Penyusunan buku teks harus memperhatikan kriteria penulisan buku teks yang berkualitas dan bermutu.

Secara bijak, buku ini tidak hanya menyajikan ulasan-ulasan teoretik-konseptual mengenai penulisan dan pengembangan buku teks bahasa Arab, tetapi juga memberikan langkah-langkah prosedural dalam menulis buku teks bahasa Arab yang baik serta sebagai pengaya khazanah kepustakaan dalam penulisan buku teks bahasa Arab yang masih langka di Indonesia.  Selamat membaca!