Posted on

Akuntansi Keperilakuan

Penulis : Ratna Candra Sari

Tebal : vi + 314 hlm

Ukuran : 16 x 23 cm

Penerbit : Andi

Deskripsi :

Akuntansi Keperilakuan mendeskripsikan hubungan antara akuntansi dengan perilaku manusia, terkait bagaimana perilaku individu yang berada dalam sistem maupun yang berhubungan dengan sistem akuntansi.

Mulai dari teori framming; mental accounting; escalation of commitment; fiksasi fungsional dan data; heuristics; halo dan bystander effect; groupthink dan tindakan tidak etis; budgetary slack; kontrak kompensasi; theory of reasoned action & planned behavior dijelaskan dalam buku ini disertai hasil penelitian-penelitian terbaru. Buku ini akan memberikan analisis komprehensif mengenai teori-teori keperilakuan dan implikasinya seperti bagaimana terjadinya bias danproses pengambilan keputusan, kecurangan atau perilaku tidak etis sampai strategi untuk mengurangi perilaku tersebut.

Buku ini ditujukan untuk mahasiswa S1 atau S2 yang mengambil mata kuliah akuntansi keperilakuan serta praktisi, akuntan, auditor, pengambil keputusan, manajer dan pengguna informasi akuntansi untuk memahami dan memperbaiki proses pengambilan keputusan.

Posted on

Pajak Penghasilan, Teori, Kasus, dan Aplikasi

Penulis : Rahmat Hidayat Lubis

Tebal : xiv + 426 hlm

Ukuran : 19 x 26 cm

Penerbit : Andi

Deskripsi :

Buku Pajak Penghasilan ini membahas secara lengkap mengenai pajak penghasilan mulai dari Dasar-Dasar Perpajakan; Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan; PajakPenghasilan Umum dan Final; PajakPenghasilanPasal 21/26, 22, 23, 24, dan 25.

Buku ini terutama ditujukan agar pembaca lebih mudah dalam mempelajari dan memahami peraturan perundang-undangan perpajakan dengan pendekatan pada praktek penghitungan, pengisian dan pelaporan SPT Pajak.

Pembahasan dilakukan secara sistematis, aplikatif dan berdasarkan alat analisis yang tepat (peraturan perpajakan yang terbaru), sehingga buku ini diharapkan dapat membantu siswa, mahasiswa, praktisi, pengajar, dan masyarakat kalangan Wajib Pajak pada umumnya yang berkepentingan terhadap perpajakan.

 

Posted on

Analisis Laporan Keuangan

Penulis     : Pirmatua Sirait

Tebal         : x + 196 hlm

Ukuran     : 17,5 x 25 cm

Penerbit   : Ekuilibria

Deskripsi :

Informasi-informasi manajemen, khususnya keuangan diharapkan tepat waktu dan tepat manfaat. Dalam prakteknya, alat-alat dan sistem yang dapat digunakan untuk merealisasikannya selalu diupayakan untuk dikembangkan.Buku Analisis Laporan Keuangan ini disajikan lebih praktis sesuai dengan kebutuhan dan praktek akuntansi. Penyajiannya, lebih mengkhususkan pada analisis terhadap laporan keuangan baik secara parsial ataupun komprehensif, bukan analisis keuangan.

Posted on

Hitung Keuangan

Penulis     : Arnelis Jalil

Tebal         : x + 176 hlm

Ukuran     : 15,8 x 23 cm

Penerbit   : Media Akademi

Deskripsi :

Buku Hitung Keuangan ini membahas tentang teori-teori dan kaidah-kaidah matematika, antara lain tentang bilangan yang terkait persamaan dan sistemnya, fungsi, limit fungsi, differensial (turunan) integral, serta persamaan differensial. Sebagian besar teori yang dibahas dalam buku ini diaplikasikan dalam hitung keuangan pada kehidupan nyata sehari-hari.

Posted on

Pengantar Ekonomi Mikro dan Makro

Penulis     : Paulus Kurniawan dan Made Kembar Sri Budhi

Tebal         : xii + 212 hlm

Ukuran     : 20 x 28 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Semua orang (human being) di dunia ini tanpa terkecuali adalah pelaku ekonomi yang melakukan aktivitas setiap hari untuk melanjutkan kehidupan. Buku Pengantar Ekonomi Mikro dan Makro dibuat untuk mengajarkan kepada masyarakat umum mengenai arti dasar “ dasar ilmu pengetahuan tentang ilmu ekonomi mikro dan makro.
Buku ini dihadirkan secara sistematis sehingga memudahkan pembaca untuk mengerti materi bahasan di dalam buku ini. Materi bahasan di dalam buku ini terangkum dari banyak sumber seperti Pirayoff (2004), Musgrave (2009), Sangeeta, et al (2011), Andersoon (2011), Sattora (2013), Dodge (2014), dan Jurnal dari internet.
Buku edisi kedua ini menambah beberapa bahasan topik ekonomi untuk lebih memberikan arti dasar-dasar ilmu pengetahuan tentang ilmu ekonomi mikro dan makro bagi pemula, murid sekolah, mahasiswa, bahkan kepada pelaku ekonomi individual, rumah tangga, perusahaan dan pemerintahan.

 

Posted on

Manajemen

Penulis     : John Suprihanto

Tebal         : 187 hlm

Ukuran     : 15,5 x 23 cm

Penerbit   : UGM Press

Deskripsi :

Para mahasiswa sekarang ini adalah para manajer di masa mendatang. Mendekati permulaan abad baru ini, beberapa nilai dan pendekatan baru terhadap manajemen mulai muncul banyak di antaranya yang sebenarnya sudah ada di depan kita. Dalam abad ke-21, suasana kerja akan berbeda dengan suasana kerja yang ada sekarang. Keanekaragaman budaya, etika dan tanggung jawab sosial, perekonomian global dan kualitas menjadi perhatian penting dalam dunia kerja di abad mendatang. Indeks mulai berubah, baik dalam tingkatan teknologi maupun manusianya.

Buku Manajemen ini memperkenalkan dasar-dasar manajemen apabila diterapkan dalam lingkungan kerja sekarang. Tujuan yang pertama adalah berusaha untuk mencakup topik-topik yang tepat yang kedalamannya disesuaikan dengan mahasiswa baru. Tujuan yang kedua adalah menyajikannya dengan suatu cara yang menarik dan praktis, yakni suatu cara yang menuntut perhatian mahasiswa serta mendorong mereka untuk secara aktif mengaitkannya dengan hal-hal yang terdapat di sekitar mereka. Untuk menekankan pentingnya mempelajari peran manajer, terutama dalam lingkungan yang dinamis seperti sekarang ini, setiap dalam buku ini akan diawali dengan: Manajemen Dewasa Ini, yakni suatu gambaran atau pengenalan diri yang menuntut perhatian kita terhadap isu-isu paling akhir yang sesuai dengan suasana kerja baru dalam abad ke-21. Gambaran yang dimaksud adalah apa yang secara nyata terjadi dalam perusahaan, sedangkan pengenalan diri menyangkut isu-isu manajerial yang harus diketahui oleh para mahasiswa agar berhasil sebagai manajer dalam lingkungan bisnis yang dinamis seperti sekarang ini. Kombinasi keduanya diharapkan mampu memberikan pandangan yang berimbang tentang isu-isu yang dihadapi oleh para manajer dewasa ini serta keahlian yang diperlukan bagi para manajer di masa mendatang. Dalam buku ini dibahas pula sejarah perkembangan manajemen, etika dan tanggung jawab sosial, manajer dan peran-perannya, sumber daya manusia, kepemimpinan, konflik, mengelola kelompok dan tim hingga teknologi informasi. Semua topik tersebut merupakan topik-topik yang berkaitan erat dengan aktivitas sehari-hari manajer dan manajemen dalam suatu organisasi.

Posted on

Metodologi Penelitian Bisnis

Penulis     : Nur Indriantoro dan Bambang Supomo

Tebal         : xiv + 274 hlm

Ukuran     : 19 x 26 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu yang didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris, dan sistimatis. Buku Metodologi PenelitianBisnisini berisi pengetahuan dasarmengenai konsep, pendekatan, metode dan prosedur dalam penelitian bisnis, terutama untuk bidang akuntansi dan manajemenyang ditekankan pada konsep penelitian dasar dan aplikasi praktik penelitian akuntansi dan manajemen di Indonesia.

Tujuan umum pembahasan dalam buku ini adalah memberikan pengetahuan dasar mengenai metode-metode penelitian bisnis, terutama yang digunakan dalam paradigma penelitian kuantitatif. Materi dibagi dalam 10 bab pembahasan yang secara keseluruhan dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu: (1) tinjauan umum dan klasifikasi penelitian bisnis, (2) proses penelitian, dan (3) laporan penelitian. Tiap bab memuat topik, tujuan pembahasan,skema proses penelitian dan tahap proses penelitiandibantu dengan penyajian contoh dan gambar untuk memberi gambaran materi yang dibahas dan tujuan instruksional secara umum. Untuk memberikan tambahan penjelasan, pada beberapa pokok bahasan diberikan contoh yang dikutip dari artikel hasil penelitian. Disamping itu, buku ini juga dilengkapi dengan ringkasan materi yang dibahas dan pertanyaan diskusiuntuk melatih pemahaman pembaca, daftar istilah, indeks dan tabel statistik yang diperlukan dalam analisis data.

Posted on

Pengantar Kewiraswastaan

Penulis     : Masykur Wiratmo

Tebal         : xiv + 354 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Sejak awal 1990, mata kuliah kewiraswastaan mulai diajarkan secara formal di kelas. Di samping dipergunakan untuk mahasiswa fakultas ekonomi, juga diminati oleh mahasiswa-mahasiswa jurusan lain dalam mempersiapkan memasuki kehidupan di masa depan.

Buku Pengantar Kewiraswastaan; Kerangka Dasar Memasuki Dunia Bisnis ini disajikan cukup lengkap sebagai “pengantarâ€Â untuk memasuki dunia bisnis modern dan telah dicobakan pada para mahasiswa dengan instruktur-instruktur yang telah disiapkan dan para praktisi dalam pelatihan-pelatihan kewiraswastaan dan manajemen bisnis di berbagai tempat, khususnya para pengusaha di Daerah Istimewa Yogyakarta. Materi dimulai dari memahami kewiraswastaan; identifikasi peluang; pembiayaan; dan evaluasi peluangusaha baru; mengenal waralaba dan pemasaran langsung; bentuk kepemilikan; rencana pemasaran; SDM; perencanaan organisasi dandasar pengorganisasian; kepemimpinan; pengorganisasian aktivitas individu; motivasi dan komunikasi; tujuan dan pengembangan organisasi; pembuat keputusan sampai pada pengawasan.
Sejak awal 1990, mata kuliah kewiraswastaan mulai diajarkan secara formal di kelas. Di samping dipergunakan untuk mahasiswa fakultas ekonomi, juga diminati oleh mahasiswa-mahasiswa jurusan lain dalam mempersiapkan memasuki kehidupan di masa depan.

Buku Pengantar Kewiraswastaan; Kerangka Dasar Memasuki Dunia Bisnis ini disajikan cukup lengkap sebagai “pengantarâ€Â untuk memasuki dunia bisnis modern dan telah dicobakan pada para mahasiswa dengan instruktur-instruktur yang telah disiapkan dan para praktisi dalam pelatihan-pelatihan kewiraswastaan dan manajemen bisnis di berbagai tempat, khususnya para pengusaha di Daerah Istimewa Yogyakarta. Materi dimulai dari memahami kewiraswastaan; identifikasi peluang; pembiayaan; dan evaluasi peluangusaha baru; mengenal waralaba dan pemasaran langsung; bentuk kepemilikan; rencana pemasaran; SDM; perencanaan organisasi dandasar pengorganisasian; kepemimpinan; pengorganisasian aktivitas individu; motivasi dan komunikasi; tujuan dan pengembangan organisasi; pembuat keputusan sampai pada pengawasan.

Penulis berharap buku ini dapat dipergunakan, tidak saja sebagai buku pegangan rnata kuliah kewiraswastaan (baik di fakultas ekonomi maupun dalam pelatihan-pelatihan manajemen), namun juga sebagai bacaan yang bermanfaat bagi masyarakat luas, bahkan para pejabat yang sering melakukan penyuluhan usaha (Departemen Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil, Departemen Perindustrian, Departemen Perdagangan, dan lain-lain).
Penulis berharap buku ini dapat dipergunakan, tidak saja sebagai buku pegangan rnata kuliah kewiraswastaan (baik di fakultas ekonomi maupun dalam pelatihan-pelatihan manajemen), namun juga sebagai bacaan yang bermanfaat bagi masyarakat luas, bahkan para pejabat yang sering melakukan penyuluhan usaha (Departemen Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil, Departemen Perindustrian, Departemen Perdagangan, dan lain-lain).

Posted on

Restoran dan Kegiatannya

Penulis     : Firman Sinaga

Tebal         : xii + 164 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Buku Restoran dan Kegiatannya ini sangat bermanfaat untuk dibaca oleh mahasiswa atau pembaca lainnya, terlebih bagi mereka yang berminat menambah pengetahuan serta mengaplikasikan bagaimana hospitality dalam sebuah restoran dilakukan. Penekanan utama dari materi buku ini adalah penjelasan mengenai konsep dan aplikasi bagaimana kita dapat memperoleh pemahaman pelayanan dari ranah jasa publik, khususnya apa saja yang terdapat dalam dunia restoran. Oleh karena itu, dalam buku ini disajikan secara lengkap sekaligus jelas setiap materi yang berkaitan dengan aktivitas pada sebuah restoran, baik itu orang-orangnya, peralatannya, pelayanannya, maupun fasilitas pelengkap lainnya.