Posted on

Akuntansi Keperilakuan

Penulis : Ratna Candra Sari

Tebal : vi + 314 hlm

Ukuran : 16 x 23 cm

Penerbit : Andi

Deskripsi :

Akuntansi Keperilakuan mendeskripsikan hubungan antara akuntansi dengan perilaku manusia, terkait bagaimana perilaku individu yang berada dalam sistem maupun yang berhubungan dengan sistem akuntansi.

Mulai dari teori framming; mental accounting; escalation of commitment; fiksasi fungsional dan data; heuristics; halo dan bystander effect; groupthink dan tindakan tidak etis; budgetary slack; kontrak kompensasi; theory of reasoned action & planned behavior dijelaskan dalam buku ini disertai hasil penelitian-penelitian terbaru. Buku ini akan memberikan analisis komprehensif mengenai teori-teori keperilakuan dan implikasinya seperti bagaimana terjadinya bias danproses pengambilan keputusan, kecurangan atau perilaku tidak etis sampai strategi untuk mengurangi perilaku tersebut.

Buku ini ditujukan untuk mahasiswa S1 atau S2 yang mengambil mata kuliah akuntansi keperilakuan serta praktisi, akuntan, auditor, pengambil keputusan, manajer dan pengguna informasi akuntansi untuk memahami dan memperbaiki proses pengambilan keputusan.

Posted on

Analisis Laporan Keuangan

Penulis     : Pirmatua Sirait

Tebal         : x + 196 hlm

Ukuran     : 17,5 x 25 cm

Penerbit   : Ekuilibria

Deskripsi :

Informasi-informasi manajemen, khususnya keuangan diharapkan tepat waktu dan tepat manfaat. Dalam prakteknya, alat-alat dan sistem yang dapat digunakan untuk merealisasikannya selalu diupayakan untuk dikembangkan.Buku Analisis Laporan Keuangan ini disajikan lebih praktis sesuai dengan kebutuhan dan praktek akuntansi. Penyajiannya, lebih mengkhususkan pada analisis terhadap laporan keuangan baik secara parsial ataupun komprehensif, bukan analisis keuangan.

Posted on

Hitung Keuangan

Penulis     : Arnelis Jalil

Tebal         : x + 176 hlm

Ukuran     : 15,8 x 23 cm

Penerbit   : Media Akademi

Deskripsi :

Buku Hitung Keuangan ini membahas tentang teori-teori dan kaidah-kaidah matematika, antara lain tentang bilangan yang terkait persamaan dan sistemnya, fungsi, limit fungsi, differensial (turunan) integral, serta persamaan differensial. Sebagian besar teori yang dibahas dalam buku ini diaplikasikan dalam hitung keuangan pada kehidupan nyata sehari-hari.

Posted on

Akuntansi UMKM

Penulis     : David Wijaya

Tebal         : x + 198 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi :

Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat signifikan untuk perekonomian. Masalah yang sering terabaikan pelaku UMKM adalah masalah pengelolaan keuangan. Dampak diabaikannya pengelolaan keuangan tidak terlihat jelas. Namun, tanpa metode akuntansi yang efektif, UMKM yang mempunyai prospek untuk berhasil dapat menjadi bangkrut. Oleh karena itu, akuntansi menjadi indikator kinerja usaha UMKM. Informasi yang disediakan oleh catatan akuntansi berguna bagi pengambilan keputusan sehingga dapat meningkatkan pengelolaan usaha UMKM. Buku ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya akuntansi bagi UMKM. Selain bermanfaat bagi pelaku UMKM, buku ini juga bermanfaat untuk mahasiswa dan dosen pada Program Studi Akuntansi serta praktisi akuntansi dan stakeholders UMKM yang mempelajari akuntansi sektor UMKM.

Posted on

Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Penulis     : Rahmat Hidayat Lubis

Tebal         : viii + 23 hlm

Ukuran     : 20 x 25 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi:

Akuntansi adalah seni dalam hal melakukan pencatatan transaksi, pengelompokan akun ke dalam buku besar, pelaporan keuangan yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Laporan keuangan terdiri dari:
– Laporan laba rugi.
– Laporan perubahan ekuitas.
– Laporan perubahan posisi keuangan (neraca).
– Laporan arus kas.
– Catatan atas laporan keuangan.

Posted on

Akuntansi Biaya, Konsep dan Metodologi Penggolongan Biaya Elemeni

Penulis     : Harnanto

Tebal         : xii + 468 hlm

Ukuran     : 19 x 24 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi:

Merupakan buku teks yang sederhana, ringkas, namun mengungkapkan secara lengkap tentang pengumpulan data biaya produksi dan penentuan harga pokok produk berdasar sistem biaya historis; yang mutlak diperlukan untuk dipakai sebagai dasar penilaian persediaan produk dalam proses dan produk jadi yang sesuai dengan standar atau prinsip akuntansi berterima umum (PABU) pada setiap perusahaan manufaktur. Buku ini ditulis dengan menggunakan jargon dan gaya yang lugas, sehingga orang awampun dapat dengan mudah memahami isinya. Buku ini menjelaskan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan pengukuran dan sistem dan prosedur pengumpul an serta pencatatan data biaya produksi dan penentuan atau perhitungan harga pokok produk berdasar sistem biaya historis.
Pembahasan dalam buku ini mencakup pengumpulan data biaya bahan, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik; baik menurut metode harga pokok pesanan maupun harga pokok proses dalam sistem biaya historis, termasuk berbagai permasalahan yang melingkupinya seperti misalnya: produk rusak, produk cacat, sisa bahan. Dalam buku ini juga diberikan contoh-contoh kasus yang realistis sehingga mudah dipahami.
Dengan konten atau materi pembahasan yang cukup komprehensif, tidak pelak lagi buku ini sangat bermanfaat bagi para praktisi (akuntan publik, akuntan manajemen, manajer produksi, manajer keuangan), dan para mahasiswa program diploma, program sarjana strata satu yang mengambil program studi akuntansi pada khususnya.

Posted on

Akuntansi Perpajakan

Penulis     : Edy Supriyanto

Tebal         : xii + 182 hlm

Ukuran     : 15 x 23 cm

Penerbit   : Graha Ilmu

Deskripsi:

Berdasarkan Undang-Undang No 16 Tahun 2009 Pasal 28 ayat (1) disebutkan bahwa Wajib Pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dan Wajib Pajak badan di Indonesia wajib menyelenggarakan pembukuan. Pembukuan lebih mengarah pada penyusunan laporan keuangan terdiri dari Neraca, Laporan Laba/Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas laporan keuangan serta didukung oleh bukti-bukti yang relevan dan valid. Penyusunan laporan keuangan ini tentunya diperlukan keahlian khusus di bidang akuntansi dan perpajakan. Untuk itu penulis mencoba meringkas dari beberapa peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku dan beberapa literature tentang akuntansi dalam sebuah buku yaitu Akuntansi Perpajakan.

Posted on

Evaluasi Kebijakan Penerbitan Sukuk Negara Sebagai Instrumen Pembiayaan APBN

Penulis     : Eri Hariyanto

Cetakan    : 2017

Tebal         : x + 92 hlm

Ukuran     : 14 x 21 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi :

Sukuk Negara atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) saat ini telah menjadi salah satu instrumen utama dalam pembiayaan defisit APBN. Penggunaan Sukuk Negara sebagai salah satu instrumen pembiayaan APBN dimulai pada tahun 2008. Penerbitan Sukuk Negara dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Sukuk Negara semakin berperan penting dalam menjaga kesinambungan Keuangan Negara.

Setelah sewindu penerbitan Sukuk Negara, kiranya perlu untuk dilakukan evaluasi kebijakan atas penerbitan surat berharga negara tersebut. Hal itu perlu dilakukan, untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut ini: (1) apakah penerbitan SBSN selama ini sesuai dengan tujuan dari penerbitannya? (2) bagaimana dimensi ketepatan penerbitan yang dilihat dari kerjasama antarpihak yang berperan dalam implementasi kebijakan?, dan (3) apa dampak dari kebijakan penerbitan Sukuk Negara secara lebih luas?