Posted on

Manajemen

Penulis     : John Suprihanto

Tebal         : 187 hlm

Ukuran     : 15,5 x 23 cm

Penerbit   : UGM Press

Deskripsi :

Para mahasiswa sekarang ini adalah para manajer di masa mendatang. Mendekati permulaan abad baru ini, beberapa nilai dan pendekatan baru terhadap manajemen mulai muncul banyak di antaranya yang sebenarnya sudah ada di depan kita. Dalam abad ke-21, suasana kerja akan berbeda dengan suasana kerja yang ada sekarang. Keanekaragaman budaya, etika dan tanggung jawab sosial, perekonomian global dan kualitas menjadi perhatian penting dalam dunia kerja di abad mendatang. Indeks mulai berubah, baik dalam tingkatan teknologi maupun manusianya.

Buku Manajemen ini memperkenalkan dasar-dasar manajemen apabila diterapkan dalam lingkungan kerja sekarang. Tujuan yang pertama adalah berusaha untuk mencakup topik-topik yang tepat yang kedalamannya disesuaikan dengan mahasiswa baru. Tujuan yang kedua adalah menyajikannya dengan suatu cara yang menarik dan praktis, yakni suatu cara yang menuntut perhatian mahasiswa serta mendorong mereka untuk secara aktif mengaitkannya dengan hal-hal yang terdapat di sekitar mereka. Untuk menekankan pentingnya mempelajari peran manajer, terutama dalam lingkungan yang dinamis seperti sekarang ini, setiap dalam buku ini akan diawali dengan: Manajemen Dewasa Ini, yakni suatu gambaran atau pengenalan diri yang menuntut perhatian kita terhadap isu-isu paling akhir yang sesuai dengan suasana kerja baru dalam abad ke-21. Gambaran yang dimaksud adalah apa yang secara nyata terjadi dalam perusahaan, sedangkan pengenalan diri menyangkut isu-isu manajerial yang harus diketahui oleh para mahasiswa agar berhasil sebagai manajer dalam lingkungan bisnis yang dinamis seperti sekarang ini. Kombinasi keduanya diharapkan mampu memberikan pandangan yang berimbang tentang isu-isu yang dihadapi oleh para manajer dewasa ini serta keahlian yang diperlukan bagi para manajer di masa mendatang. Dalam buku ini dibahas pula sejarah perkembangan manajemen, etika dan tanggung jawab sosial, manajer dan peran-perannya, sumber daya manusia, kepemimpinan, konflik, mengelola kelompok dan tim hingga teknologi informasi. Semua topik tersebut merupakan topik-topik yang berkaitan erat dengan aktivitas sehari-hari manajer dan manajemen dalam suatu organisasi.

Posted on

Manajemen Bisnis Syariah (Edisi Revisi)

Penulis     : Buchari Alma dan Donni Junni Priansa

Tebal         : 456 hlm

Ukuran     : 15 x 23 cm

Penerbit   : Alfabeta

Deskripsi :

Banyak kecurangan, penipuanm memakan hak orang lain dengan jalan bathil yang dilakukan orang-orang melalui kegiatan bisnis. Buku ini disusun untuk membuka mata hati para pelaku bisnis agar mulai menjauhi praktik-praktik perilaku tidak terpuji dalam bisnis. perilaku baik, berbisnis yang halal dan jujur akan diridhoi oleh Allah Swt. dan tidak akan merugikan.

Ajaran Islam harus memberi warna tingkah laku praktik bisnis sebagaimana dicontohkan oleh Rasulallah Saw. semasa beliau menjadi pelaku bisnis.  Buku ini diharapkan menjadi penuntun perkuliahan Bisnis Syariah bagi mahasiswa, pencerahan bagi pedagang, dan pengembangan praktik kegiatan marketing syariah/spiritual marketing bagi para pengusaha. Banyak pengusaha mengatakan bahwa dengan melaksanakan kejujuran, shalat, zakat, dan dzikir, insya Allah usaha yang sedang digeluti akan mendapatkan kemaslahatan dan keuntungan.

 

Posted on

Manajemen Keuangan 1 Berbasis IFRS; Teori, Soal dan Penyelesaiannya

Penulis     : David Wijaya

Tebal         : viii + 406 cm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi:

Buku ini merupakan pelengkap buku teks Manajemen Keuangan. Dalam buku ini, setiap pokok bahasan diberikan teori ringkas agar memandu kita menyelesaikan soal. Kita bisa mengaplikasikan keterampilan manajemen keuangan dengan mencoba menjawab soal yang terdapat pada buku ini. Buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi Bisnis serta praktisi keuangan dan akuntansi yang mempelajari manajemen keuangan. Buku ini merupakan bagian yang pertama dari dua buku seri teori, soal, dan penyelesaian Manajemen Keuangan. Buku ini terdiri atas pedoman dan kertas kerja yang berisi tinjauan teoretis singkat dan data bagi penyelesaian kasus manajemen keuangan. Melalui buku ini diharapkan terbentuk pola pikir sebagai tenaga ahli keuangan handal

Posted on

Manajemen Sistem informasi Perpustakaan; Konsep, Teori dan Implementasi

Penulis     : Hartono

Tebal         : xvi + 434 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi:

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi antara lain ditandai adanya perilaku masyarakat dalam mencari informasi dan semakin meningkatnya variasi kebutuhan informasi. Perpustakaan memiliki peran strategis dalam membangun kualitas layanan perpustakaan. Keberhasilan peran perpustakaan sangat ditentukan organissasi informasi dalam mempersiapkan cantuman bibliografis dalam bentuk katalog.

Buku ini membahas Manajemen Sistem Informasi Perpustakaan yang lebih khusus membahas tentang manajemen sistem informasi perpustakaan antara lain mengupas dasar-dasar sistem informasi perpustakaan, dasar-dasar organisasi informasi, sistem temubalik informasi dan pengembangan akses elektronis perpustakaan. Buku ini sangat mendukung untuk Jurusan Ilmu Perpustakaan untuk Program D3, S1 dan S2 Ilmu Perpustakaan khususnya mata kuliah Pengantar Ilmu Perpustakaan, Dasar-Dasar Organisasi Informasi, Manajemen Koleksi, Deskrispsi Boibliografi dan Metadata, Pengolahan Bahan Pustaka dan matakuliah yang lain relevan.

Dengan hadirnya buku diharapkan dapat mendapatkan wawasan serta pengetahuan khususnya bagi para mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan, para pustakawan/pengelola perpustakaan maupun masyarakat yang tertarik terhadap pengembangan perpustakaan modern dan profesional.

 

Posted on

Manajemen Peserta Didik

Penulis     : Suwardi & Daryanto

Cetakan    :

Tebal         : viii + 184 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi :

Manajemen peserta didik dapat diartikan sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah. Tujuan umum manajemen peserta didik adalah: mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar kegiatan-kegiatan tersebut menunjang proses belajar mengajar di sekolah, selanjutnya proses belajar mengajar di sekolah dapat berjalan lancar, tertib dan teratur sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan sekolah dan tujuan pendidikan secara keseluruhan.

Fungsi manajemen peserta didik secaraumum adalah: sebagai wahana bagi peserta didik untuk mengembangkan diri seoptimal mungkin, baik yang berkenaan dengan segi-segi individualitasnya, segi sosialnya, segi aspirasinya, segi kebutuhannya dan segi-segi potensi peserta didik lainnya.

Buku ini terdiri dari 10 bab yaitu Bab 1. Peserta Didik, Bab 2. Perkembangan Peserta Didik, Bab 3. Penerimaan Siswa Baru, Bab 4. Psikologi Peserta Didik, Bab 5. Pembinaan Peserta Didik, Bab 6. Pengelolaan Kelas.

Buku ini cocok untuk para guru, pendidik, pengelola pendidikan, pemerhati pendidikan dan calon guru/mahasiswa keguruan, dan juga bagi orang tua atau wali siswa/peserta didiknya.

 

Posted on

CEO: Chief Event Organizer

Penulis     : Ibnu Novel Hafidz

Cetakan    :

Tebal         : viii + 210 hlm

Ukuran     : 14 x 21 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi :

Ilmu Event Organizer (EO) lebih condong pada ilmu humaniora yang mencakup seni, moral, filsafat dan hubungan antar manusia, karenanya Ilmu EO bisa dipelajari namun tidak mudah diajarkan. Terjun langsung mencari pengalaman adalah cara tepat mendapatkan Ilmu EO. Agar tidak melakukan kesalahan, seseorang perlu memiliki bekal, dan bekal itu adalah belajar dari pengalaman orang lain. Buku CEO: CHIEF EVENT ORGANIZER ini berisi pengalaman penulis yang telah menangani ribuan event selama lebih dari 15 tahun, baik event lokal, nasional maupun event internasional. Ada banyak hal yang dapat dipetik sebagai pengalaman, tentang Kreativitas, mengolah Desain Produksi, penyusunan Rundown, memilih Talent, menyusun Anggaran, menggaet Sponsor, serta bagaimana mengelola Tim yang hebat.

Posted on

Manajemen Stewarding Pariwisata dan Perhotelan

Penulis     : Aulia Fadhli

Cetakan    : 2017

Tebal         : x + 150 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi :

Indonesia merupakan negara kepulauan di Asia Tenggara denga pulau sebanyak 17.504 dan menyebar sepanjang 3.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Dari kondisi geografis tersebut, maka lahirlah sektor-sektor perekonomian khususnya pariwisata dimana hotel dan restoran adalah bagian dari semua itu. Kehadiran hotel dan restoran menciptakan lapangan kerja baru bagi warga Indonesia serta inovator-inovator di bidang hotel dan restoran.

Pemerintahpun mensikapi hal ini dengan cepat dengan membuka sebanyak-banyaknya sekolah-sekolah kejuruan dan pariwisata. Pada sekolah kejuruan dan pariwisata ini, secara teknis mengajarkan kepada siswa dan mahasiswanya berbagai keterampilan yang menunjang pekerjaan pada sektor pariwisata ini. Adapun salah satunya adalah manajemen stewarding.

Steward sebagai section yang bertugas dan bertanggung jawab langsung terhadap peralatan-peralatan yang digunakan di Food and Beverage departemen. Departemen ini menuntut para steward untuk bekerja teliti dan hati-hati baik pada saat proses pencucian hingga proses penyimpanan peralatan, peralatan itu haruslah berada dalam kondisi yang lebih baik dengan sangat memperhatikan hygiene dan sanitasi, oleh karena itu pentingnya fungsi dan peran steward serta peralatan-peralatan yang menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawabnya.

 

Buku ini secara detil memberikan penjelasan dan teknis kerjastewar, mulai dari pengertian, pengelolaan manajemen, ruang lingkup pekerjaan, struktur organisasi dan tanggung-jawab masing-masingnya. Mengenal berbagai jenis peralatan restoran, pembersihan, pemeliharaan dan perawatan, penyimpanan,hyegine& sanitasi serta mengoperasikan berbagai peralatan stewarding.

 

Posted on

Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan

Penulis     : Bintoro & Daryanto

Cetakan    : 2017

Tebal         : x + 214 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi :

Kinerja dalam organisasi merupakan jawaban dari berhasil atau tidaknya tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Penilaian kinerja pada dasarnya merupakan faktor kunci guna mengembangkan suatu organisasi secara efektif dan efisien, karena adanya kebijakan atau program yang lebih baik atas sumber daya manusia yang ada dalam organisasi.

Manajemen kinerja menurut Costello (1994) adalah dasar dan kekuatan pendorong yang berada di belakang semua keputusan organisasi, usaha kerja, dan alokasi sumber daya. Sebagai prinsip dasar dalam manajemen kinerja adalah menghargai kejujuran, memberikan pelayanan, tanggung jawab, dirasakan seperti bermain, adanya perasaan kasihan, adanya perumusan tujuan, terdapat konsensus dan kerja sama, sifatnya berkelanjutan, terjadi komunikasi dua arah dan mendapatkan umpan balik.

Setiap perusahaan selalu mengharapkan karyawannya mempunyai kinerja yang tinggi, karena dengan memiliki karyawan yang berkinerja tinggi akan memberikan sumbangan yang optimal bagi perusahaan. Selain itu, dengan memiliki karyawan yang berkinerja tinggi perusahaan dapat meningkatkan kinerja perusahaannya. Penilaian kinerja adalah keahlian yang sulit dan sangat penting dari seorang penyelia. Terdapat empat tahapan utama dalam pelaksanaan manajemen kinerja yaitudirecting/planning, managing/ supporting, review/ appraising, developing/ rewarding. Suatu sistem penilaian kinerja harus mampu menggambarkan secara akurat kinerja yang tipikal dari seorang karyawan.