Posted on

Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah

Penulis     : Dainty Maternity, Arum Dwi Anjani, dan Nita Evrianasari

Tebal         : x + 350 hlm

Ukuran     : 19 x 23 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Buku Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi Balita, dan Anak Prasekolah ini disusun dengan tujuan menambah dan mempermudah mahasiswa maupun dosen dalam mencari reverensi terkait dengan asuhan kebidanan neonatus, bayi, balita dan anak prasekolah.
Untuk mencapai tujuan tersebut, buku ini dilengkapi dengan evidence based pada setiap bab pembahasan. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi terkini dan berbasis bukti pada setiap pembacanya. Selain itu, buku ajar ini juga dilengkapi dengan tujuan pembelajaran, baik tujuan umum dan tujuan khusus, serta dilengkapi dengan soal-soal evaluasi sehingga dapat membantu mahasiswa dalam mengukur kemampuan pemahaman pada setiap bab

Posted on

Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung, Pencegahan Penyakit Jantung, Hidup Sehat Sehari-Hari

Penulis     : Vito Anggarino Damay

Tebal         : xxii + 266 hlm

Ukuran     : 15 x 19 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Buku ini ditujukan untuk siapa saja yang ingin mengetahui hal-hal yang penting mengenai penyakit jantung dan fakta mengenai hidup sehat untuk diterapkan sehari-hari. Apakah Anda pekerja kantoran atau pengusaha, ibu rumah tangga atau wanita karier, health influencer, mahasiswa, dokter, ataupun paramedis, buku ini tepat untuk Anda baca sebagai referensi atau bacaan ringan yang informatif karena berisi penjelasan dari pertanyaan yang paling sering ditanyakan mengenai penyakit jantung.

Apakah tangan berkeringat merupakan tanda jantung yang lemah? Betulkah batuk-batuk dengan keras dapat menolong pada serangan jantung? Apa gejala awal seseorang yang punya penyakit jantung? Mengapa perempuan justru harus lebih waspada terhadap penyakit jantung? Pegal di leher atau sakit kepala tandanya kolesterol tinggi? Temukan jawabannya dalam buku ini!

Posted on

Spa Kaki Diabetasi

Penulis     : Ns. Budhi Purwanto

Tebal         : x + 106 hlm

Ukuran     : 14 x 21 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi :

Pencegahan dan perawatan bagi penderita kencing manis tidak hanya terbatas pada pemberian obat dan dan perawatan luka bagi diabetesi yang terluka. Perawatan estetika SPA kaki dapat dikombinasikan dalam pemberian pelayanan yang komprehensif. SPA adalah tindakan estetika yang didasarkan pada seni merawat yang bertujuan meningkatkan kenyamanan serta rasa memenuhi kebutuhan aktualisasi diri klien. Pelayanan Diabetik Foot SPA ini menjadi nilai tambah dan diminati oleh semua kalangan baik penderita diabetes maupun seseorang yang tidak menderita penyakit kencing manis. Hal ini peluang bagi para tenaga kesehatan untuk mengembangkan SPA bagi diabetesi pada ruang lingkup layanan perawatan yang diberikan. Buku ini berisi teknik perawatan SPA kaki diabetesi yang mudah dengan pengembangan dan inovasi yang disesuaikan dengan perkembangan dunia estetika serta mampu menjawab kebutuhan di masyarakat.

Posted on

Biokimia Farmasi

Penulis     : Sismindari, Rumiyati, Riris Istiqfari Jenie, dan Edy Meiyanto

Tebal         : 214 hlm

Ukuran     : 15,5 x 23 cm

Penerbit   : UGM Press

Deskripsi :

Buku Biokimia Farmasi terdiri atas 14 bab yang mengulas tentang metabolisme dan biosintesis empat molekul, yakni protein, karbohidrat, lemak, dan nukleotida. Bab I dan II menjelaskan pentingnya mempelajari biokimia, molekul penyusun kehidupan, dan peran penting air dalam kehidupan. Selain itu, menjelaskan pula tentang bioenergi, energi bebas yang diperlukan dalam suatu reaksi, peran ATP dalam reaksi metabolisme, dan mekanisme fotosintesis. Bab III, IV, V, dan VI menjelaskan tentang protein yang meliputi struktur protein dan asam amino, ikatan yang menstabilkan protein, struktur tiga dimensi protein, penentuan urutan asam amino, beberapa metode pemurnian protein, dan menjelaskan tentang sifat, klasifikasi, enzim, proses regulasi aktivitas enzim, kinetika enzim, dan proses inhibisi enzim. Bab VII menjelaskan tentang membran biologi, struktur dan lemak penyusun membran, serta peran protein membran dan peran kolesterol. Karbohidrat dijelaskan pada Bab VIII, IX, dan X, yang meliputi metabolisme karbohidrat, glikolisis, daur asam sitrat, fosforilasi oksidatif jalur pentose fosfat, glukoneogenesis, dan metabolisme glikogen. Adapun lemak dijelaskan pada Bab XI yang mencakup metabolisme lemak tak jenuh, daur urea, dan aplikasi HDL dan LDL. Proses biosintesis asam amino, nukleotida dan proses regulasinya, serta kelainan yang timbul akibat adanya kelainan proses biosintesis dijelaskan pada Bab XII dan XIII. Pada bab terakhir (Bab XIV) menjelaskan metabolisme terintegrasi yang meliputi jalur-jalur utama metabolisme, pola metabolik pada organ-organ utama, regulasi hormonal, mekanisme pengaturan kadar gula di dalam darah, dan penyakit yang timbul akibat adanya kelainan metabolisme.

Posted on

Penerapan Skrining Gizi di Rumah Sakit

Penulis     : Susetyowati

Tebal         : 122 hlm

Ukuran     : 15,5 x 23 cm

Penerbit   : UGM Press

Deskripsi :

Malnutrisi pada pasien rumah sakit masih menjadi masalah utama yang perlu diselesaikan. Malnutrisi di rumah sakit memiliki cara penyelesaian yang berbeda karena menyangkut faktor penyakit dan pengobatan yang diberikan. Apabila tidak tertangani dengan baik, malnutrisi akan menyebabkan komplikasi penyakit lebih lanjut sehingga rawat inap akan semakin lama yang berdampak pada meningkatnya biaya yang dikeluarkan. Selain itu, kondisi yang lebih parah juga dapat meningkatkan risiko kematian.

Salah satu peran gizi dalam upaya preventif timbulnya malnutrisi di rumah sakit, yaitu dengan melaksanakan langkah awal berupa skrining gizi. Skrining gizi merupakan proses yang cepat dan sederhana untuk mendeteksi pasien yang berisiko malnutrisi sebelum memasuki proses Nutrition Care Process (NCP)/Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT). Skrining gizi terbukti mampu mencegah penurunan status gizi yang biasa terjadi pada pasien yang dirawat di rumah sakit.

Selain itu, dengan adanya skrining gizi, proses asuhan gizi akan lebih efektif dan efisien karena skrining gizi mampu mengidentifikasi dengan baik kelompok-kelompok khusus yang memerlukan intervensi gizi yang spesifik.

Buku Penerapa Skrining Gizi di Rumah Sakit menyajikan berbagai macam metode skrining gizi dari berbagai literatur. Metode skrining juga dikelompokkan sesuai dengan cara peng-gunaannya pada pasien di rumah sakit, yaitu pada anak-anak, dewasa, dan lansia.

Buku ini ditujukan bagi mahasiswa Gizi atau para ahli gizi yang bekerja di rumah sakitataupun institusi kesehatan lain. Dengan memahami proses paling awal dari asuhan gizi diharapkan pembaca dapat berperan dalam mengatasi malnutrisi di rumah sakit sehingga pasien dan masyarakat akan merasakan peran yang besar dari Proses Asuhan Gizi Terstandar.

 

Posted on

Gizi Pada Penyakit Ginjal Kronis

Penulis     : Susetyowati, Farah Faza, Izzati Hayu Andari

Tebal         : 172 hlm

Ukuran     : 15,5 x 23 cm

Penerbit   : UGM Press

Deskripsi :

Penyakit ginjal kronis (PGK) merupakan diagnosis penyakit utama pasien hemodialisis baru di Indonesia dengan persentase terbesar, yaitu 83% dengan jumlah pasien aktif yang menjalani terapi hemodialisis terus meningkat dari tahun 2007 hingga 2012. Penyakit ginjal kronis dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya obesitas, diabetes, hipertensi, usia lanjut, glomerulonefritis, batu ginjal, infeksi saluran kencing, penyakit kardiovaskuler, dan riwayat keluarga.

Masalah yang paling sering dialami oleh pasien PGK dan dapat memperburuk kondisi kesehatannya ialah malnutrisi. Prevalensi malnutrisi dilaporkan lebih tinggi terjadi di negara berkembang dibandingkan negara maju. Prevalensi malnutrisi pada pasien PGK di Indonesia berdasarkan beberapa penelitian dilaporkan mencapai 70%. Upaya penanggulangan malnutrisi pada pasien PGK harus dilakukan, terutama oleh ahli gizi dan tenaga kesehatan terkait untuk mencegah penurunan status gizi lebih lanjut dan kemungkinan morbiditas dan mortalitas.

Proses asuhan gizi terstandar (PAGT) sebagai salah satu tindakan primer harus dilakukan ahli gizi kepada pasien PGK dengan kondisi malnutrisi sehingga penurunan status gizi lebih lanjut dan komplikasi penyakit dapat dicegah atau diminimalkan.

Buku Gizi pada Penyakit Ginjal Kronis menyajikan skrining gizi dan tahapan PAGT pada pasien PGK disertai penelitian-penelitian yang telah dilakukan, dengan data pendukung dari berbagai literatur. Buku ini ditujukan bagi mahasiswa Gizi atau ahli gizi yang bekerja di rumah sakit atau institusi kesehatan lain. Dengan memahami rangkaian proses asuhan gizi pada pasien PGK ini, diharapkan pembaca dapat berperan dalam mengatasi malnutrisi pada pasien PGK sehingga risiko morbiditas dan mortalitas dapat diminimalkan.

 

Posted on

Pakai “Mascara” dan Jadilah Pasien Cerdas!

Penulis     : Ika Kusuma

Tebal         : 114 hlm

Ukuran     : 14,5 x 21 cm

Penerbit   : UGM Press

Deskripsi :

Kesalahan pengobatan terjadi setiap hari di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Pihak yang paling dirugikan dari terjadinya kesalahan pengobatan adalah pasien. Tidak jarang, kesalahan pengobatan berujung pada kecacatan atau kematian. Sayangnya, praktisi kesehatan (dokter dan apoteker) seakan tak berdaya dalam mencegah terjadinya kesalahan pengobatan.

Jumlah tenaga dokter umum dan apoteker di Indonesia masih kurang, sedangkan jumlah penduduk Indonesia terus membludak. Dokter umum dan apoteker sering kali bekerja dengan terburu-buru karena terlalu banyak pasien yang harus dilayani. Terlebih setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia, jumlah pasien semakin banyak karena masyarakat tidak lagi mengkhawatirkan biaya pengobatan. Bekerja dengan terburu-buru membuat dokter umum dan apoteker kurang teliti dalam bekerja sehingga kesalahan pengobatan sering terjadi. Oleh karena itu, hanya pasien sendirilah yang dapat melindungi diri dan keluarganya dari bahaya kesalahan pengobatan.

Kesalahan pengobatan atau dikenal pula dengan sebutan medication error adalah kejadian yang merugikan pasien akibat pemakaian obat. Dampak yang dirasakan pasien dari kesalahan pengobatan beragam, mulai dari ketidaksembuhan, kecacatan, sampai kematian. Kesalahan pengobatan sebenarnya dapat dicegah, bukan suatu kejadian yang terjadi tanpa sebab.

Pasien dapat berpartisipasi mencegah terjadinya kesalahan pengobatan dengan melakukan lima jurus. Untuk memudahkan pembaca mengingat kelima jurus tersebut, penulis menyingkatnya dengan “jurus MASCARA”. Semua orang tahu salah satu jenis kosmetik yang bernama “mascara” sehingga akronim tersebut akan mudah sekali diingat. Kelima jurus tersebut yaitu:

MA          : Masukkan dokumen lengkap ke dalam tas

S              : Sampaikan keluhan kepada dokter

CA           : Catat nama obat

R             : Ramah pada apoteker

A             : Aturan pakai obat harus dipatuhi

Kelima jurus tersebut dijabarkan secara mendalam dengan bahasa yang mudah dipahami pembaca agar pembaca dapat menerapkan kelima jurus tersebut dengan mudah saat menjadi pasien. Selain membahas kelima jurus tersebut, buku ini juga membahas hak-hak dan kewajiban pasien selama berobat. Sudah saatnya masyarakat awam memahami segala hal terkait pengobatan yang selama ini tidak mereka pahami agar mereka bisa melindungi diri sendiri dan orang-orang yang mereka sayangi dari kesalahan pengobatan.

 

Posted on

Sehat dan Semangat di Usia Emas, Panduan Kesehatan, Nutrisi dan Pola Makan di Usia Emas

Penulis     : Yohanes Sunardi

Tebal         : xxii + 122 hlm

Ukuran     : 15 x 19 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Dr. Ir. Junus Santoso Hernomo, M.Pd.
Pengamat Pendidikan Nasional
Sekretaris Yayasan Pendidikan Taruna Nusa Harapan, Mojokerto
Sebagai pendidik, saya sangat mengerti pentingnya pendidikan yang harus dilakukan secara berkesinambungan. Pendidikan di bidang kesehatan sangatlah minim sehingga kesehatan kita secara nasional masih memprihatinkan. Dibutuhkan banyak pendidik kesehatan, seperti saudara saya, Yohanes Sunardi, yang selalu berkesinambungan menuliskan ilmunya. Bukan semata mata ingin poluler, tetapi juga ingin bangsanya sehat dan sejahtera. Buku Sehat di Usia Emas melengkapi koleksi buku kesehatan yang pernah ditulisnya. Segala buku kesehatan sudah pernah ditulisnya. Mulai dari kesehatan untuk anak anak, remaja, wanita dan pria sampai cara memasak dan memilih bahan pangan yang sehat. Sebagai salah satu pendidik, saya menganjurkan Anda untuk membacanya. Lebih hebat lagi kalau Anda belajar mempraktikkannya. Tanpa praktik, kita hanyalah perpustakaan yang berjalan. Ditulis secara lugas dan tanpa basi basi, buku ini mengedukasi kita dengan gampang tanpa kehilangan ilmiahnya. Selamat hidup sehat.

Ir. Bambang Sigit Sucahyo, MP.
Ahli pangan & Peneliti Gizi Universitas DR. Soetomo, Surabaya
Umur saya dikategorikan memasuki usia emas. Saya butuh asupan nutrisi yang adekuat agar dapat produktif. Saya merekomendasikan buku ini untuk dibaca oleh Anda, terutama yang usianya seperti saya. Isinya sederhana, tetapi tidak kehilangan bobot ilmiahnya. Penuh dengan saran kesehatan yang bisa Anda praktikkan. Saya yakin Anda akan cepat memperoleh banyak hal positif di dalam hidup. Bab demi bab ditulis dengan sangat jelas dan disertai foto makanan dan minuman dengan warna yang bagus sehingga saya yakin Anda tidak bosan. Yohanes Sunardi adalah salah satu mahasiswa terbaik yang pernah saya bombing. Kecintaannya akan makanan dan minuman sehat memang layak diacungi jempol. Sekali lagi, saran saya buat Anda, beli dan baca dan lakukan apa yang tertera di dalam buku ini. Selamat hidup sehat.

Dr. Gideon Oktavianus
Pemerhati Kesehatan dan Praktisi
Berkali-kali saya selalu membaca buku karangan Yohanes Sunardi, tetapi yang kali ini beda. Buku ini membahas tentang Anda dan saya yang mau tidak mau akan memasuki usia emas atau mungkin sudah memasuki usia emas yang memang harus hidup sehat. Lebih baik mencegah sakit daripada mengobati. Selain biaya mahal, ada juga rasa sakit yang harus diderita. Buku ini dengan sederhana tetapi lugas memberikan saran yang informatif dan update. Bahasanya mudah dicerna, tetapi tidak kehilangan informasi ilmiah yang ada di dalamnya. Buku ini penting buat kita yang belum memasuki usia emas ataupun yang sudah masuk di usia emas. Saya ingin sehat. Saya rasa Anda pun demikian. Selamat hidup sehat.

Juliana Harlim
Pengamat Kuliner
Makan dan makan itu kesukaan saya. Tetapi, itulah masalah saya dan Anda setiap hari, selalu makan. Hobi saya unik, yaitu makan makanan yang enak. Saya paling alergi terhadap kata ‘diet’. Saya jadi berpikir bahwa enak, kok, gak boleh? “Diet itu bukan tidak makan. Diet itu mengatur pola makan.“ Itu yang sering disampaikan Yohanes sunardi kepada kami sebagai murid gizinya. Mengatur makanan pun tidak sulit menurutnya, disesuaikan dengan kondisi dan aktivitas kita per hari. Buku ini ringan dibaca untuk orang yang suka makan seperti saya, tetapi tidak mengintimidasi saya, terutama Anda yang akan memasuki usia emas ataupun yang sudah di usia emas. Selamat menikmati hidup sehat dan berkualitas.

Irfan Eka Prasetya , S.Tp.
Pengamat & Pengkaji Gizi Masyarakat
Usia emas adalah usia yang membutuhkan asupan nutrisi yang tepat. Bertambahnya umur membuat Anda membutuhkan nutrisi sehingga merasa fit, seperti saat muda. Sebagai pengamat gizi, saya bangga dengan sahabat saya, Yohanes Sunardi. Bukan banyaknya buku yang ditulis, tetapi kegigihannya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi dan aman. Pengetahuan akan pangan sangat penting untuk memperoleh hidup yang maksimal. Buku ini menjadi panduan semua orang yang mau hidup maksimal di usia emas ataupun yang akan memasukinya. Ditulis dengan gaya sehari-hari, tetapi tidak menghilangkan bobot ilmiah. Membaca buku ini seperti bertemu Yohanes Sunardi sendiri. Menurut saya, Anda harus membaca buku ini secepatnya. Selamat hidup sehat.

Tommy Ongkowijoyo
Partner Bisnis
PT. CHUBB Life Indonesia
Berawal tawaran menjadi model salah satu buku kesehatan ini, saya tergerak akan betapa pentingnya ilmu yang tertera di dalam buku ini, buat papi saya dan saya sendiri. Bagi saya pribadi, Yohanes Sunardi bukan hanya seorang nutrisi yang handal, tetapi juga merupakan saudara yang membimbing saya di bidang kesehatan sampai saya bugar seperti sekarang ini. Saya merekomendasikan Anda untuk memiliki buku ini. Buku ini banyak memberikan pencerahan kepada saya . Anda akan melihat saya menjadi model fitness di bagian terakhir buku ini. Seperti itulah saya karena mau dibimbing oleh penulis buku ini. Terima kasih kepada bro Yohanes Sunardi .

DR. Dra. Hosianna Hosea, M.Th.
Senior Pastor GAB
Menurut saya pribadi, kesuksesan itu memang penting, tetapi hidup maksimal untuk dapat menikmati kesuksesan itu lebih penting. Apa gunanya kesuksesan kalau kita tidak dapat menikmatinya? Selain disebut sebagai anugerah, hidup sehat itu harus diusahakan dan dikerjakan serta dipelihara. Iman hidup sehat tanpa tindakan tiada guna. Apa yang kita kerjakan memang bukan segalanya. Namun, setidaknya kita sudah melakukan bagian yang bisa dikerjakan sebagai manusia yang percaya kepada kekuasaan Tuhan, pencipta kita. Hidup sehat adalah respons atas kemurahan Tuhan kita. Buku Yohanes Sunardi membimbing saya dan Anda untuk hidup maksimal di usia emas yang kita masuki. Sebagai salah satu mentor kesehatan di keluarga kami, beliau terus menimba ilmunya sehingga sangat tepatlah Anda membaca buku ini. Buku ini ditulis dengan bahasa sehari-hari, seperti sedang berkonsultasi langsung dengan penulisnya. Selamat hidup sehat.

Nicky lee
Personal Trainer and Fitness Consultant
Health and Fit Indonesia
Sebagai personal trainer di pusat kebugaran, saya tahu betapa pentingnya menjaga kebugaran di saat Anda memasuki usia emas. Banyak gangguan kesehatan terjadi saat Anda memasuki usia emas. Tulang yang sehat bukan hanya karena nutrisi yang baik. Pemeliharaan tulang sehat juga salah satunya dengan berolahraga secara teratur. Yohanes Sunardi sebagai senior master trainer dan founder dari health and Fit Indonesia selalu mencantumkan olahraga disetiap bab terakhir dari semua buku yang ditulisnya. Beliau sangat yakin jika olahraga adalah salah satu faktor penting yang harus dilakukan selain pengaturan gizi yang tepat. Bacalah buku ini dan ikuti panduan olahraganya. Nikmati usia emas Anda tanpa rasa ragu. Selamat hidup sehat.

Posted on

Prinsip dan Dasar Manajemen Pemasaran Umum dan Farmasi

Penulis     : M. Anief

Tebal         : 90 hlm

Ukuran     :

Penerbit   : UGM Press

Deskripsi :

Farmasi adalah suatu profesi kesehatan yang berhubungan dengan pembuatan dan distribusi produk yang berkasiat obat. Karena dengan pembuatan dan distribusi produk yang berkhasiat obat. Karena itu farmasi juga meliputi profesi yang sah dari fungsi ekonomi mengenai distribusi produk yang berkhasiat obat yang baik dan aman.

Apoteker dalam tugas memperdagangkan obat dapat dilakukan secara efektif dan sekaligus membantu dan mendorong industri farmasi dalam produksi obat yang bermutu tinggi dan dalam melakukan tugas promosi obat akan lebih dihargai oleh para Dokter.

Oleh karena itu Apoteker juga perlu memahami Manajemen Pemasaran produk farmasi.

Pemasaran ialah aktivitas yang berhubungan dengan konsumen, perkembangan produk dan pelayanan agar dapat memuaskan konsumen.

Selain tersebut pemasaran produk obat harus mematuhi peraturan perundang-undangan dan etika formasi. Semua itu untuk menjaga keamanan penggunaan obat oleh masyarakat.