Posted on

Merancang Web Menggunakan Dreamweaver

Penulis     : Chandra Anugrah Putra

Tebal         : xiv +90 hlm

Ukuran     : 17 x 24 cm

Penerbit   : Teknosain

Deskripsi :

Internet hadir sebagai solusi mudah dan murah bagi semua kalangan untuk penyebaran suatu informasi, informasi tersebut tersajikan dalam bentuk kumpulan halaman yang saling terintegrasi. Tuntutan penyajian informasi melalui sebuah web yang interaktif dan menarik juga menjadi suatu keharusan, sehingga muncul web aplikasi yang menghasilkan suatu informasi baik bersifat personal maupun perusahaan (company). Kategori konten website pun kian berkembang dan bervariasi mulai dari penyajian berita atau informasi yang mudah, pendidikan yang dapat disajikan melalui jarak jauh (E-Learning), promosi, serta penjualan produk (E-Commerce).
Buku ini menjabarkan secara lengkap pembuatan web aplikasi interaktif secara praktis mulai dari dasar mengenai konsep pemahaman pemrograman internet, penggunaan desain web, fitur dreamweaver, serta pembuatan template yang menarik sehingga dapat mempercantik tampilan web sesuai dengan tema website masing-masing. Buku ini diharapkan bisa memberikan penguasaan yang baik oleh pembaca terkait dengan pembuatan website yang sesuai dengan kebutuhannya, serta dapat meraih kesuksesan dalam dunia internet. Pada buku ini juga dijelaskan secara detail dari gambar tentang cara penggunaan setiap topik yang dibahas, khususnya pada hasil koding yang telah dikerjakan dalam setiap komponen pembahasan.

Posted on

Jaringan Syarat Tiruan

Penulis     : Andri K

Tebal         : xvi +216 hlm

Ukuran     : 14 x 21 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi :

Jaringan Syaraf Tiruan yang selanjutnya dikenal dengan nama JST merupakan cabang ilmu multidisiplin yang relatif masih baru. Pada dasarnya JST mencoba meniru cara kerja otak makhluk hidup. Salah satu struktur yang ingin ditiru adalah bentuk neuron-nya (sel syaraf).

Dalam melakukan proses belajar, jaringan syaraf tiruan dapat memodifikasi tingkah lakunya sesuai dengan keadaan lingkungannya. Jaringan syaraf dapat mengatur dirinya sendiri untuk menghasilkan suatu respon yang konsisten terhadap serangkaian masukan. Sejumlah besar algoritma pelatihan (training algorithm) telah dikembangkan masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Begitu selesai dilatih, respon sebuah jaringan dapat menjadi tidak peka terhadap perubahan minor dari masukannya sampai suatu tingkat tertentu. Kemampuan untuk mengabaikan derau agar mampu melihat pola sebenarnya merupakan hal yang sangat vital dalam pengenalan pola lingkungan sehari-hari yang sesungguhnya. Jaringan syaraf tiruan dapat melakukan generalisasi secara otomatis karena strukturnya, bukan dengan cara menggunakan program komputer adhoc buatan manusia. Secara garis besar materi dalam buku ini berisi : Sejarah singkat JST, Jaringan Heb, Perceptron, Delta Rule, Adaline, Hopfield, BAM, Backpropogation, Hamming dan penerapan jaringan syaraf untuk mengenali pola angka. Buku ini terdiri dari 12 bab yang berisi : Bab I : Pendahuluan Bab II : Jaringan Hebb Bab III : Perceptron Bab IV : Delta Rule, Adaline dan Madaline Bab V : Jaringan Syaraf Heteroassociative Memory Bab VI : Jaringan Hopfield Bab VII : BAM Bab VIII : Jaringan Hamming Bab IX : LVQ Bab X : Kohonen Self Organizing Map Bab XI : Jaringan Syaraf Backpropagation Bab XII : Implementasi Jaringan Syaraf Hopfield Dalam Kasus Pengenalan Pola Angka Buku ini cocok untuk Anda mahasiswa jurusan Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Ilmu Komputer atau jurusan lainnya yang sesuai.

Posted on

Logika Informatika

Penulis     : Suprapto

Tebal         : x + 202 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi :

Mengingat keterbasan buku logika khususnya logika informatika dan khususnya yang berbahasa Indonesia, maka buku ini disamping untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa D-3 atau S-1 Program Studi Ilmu Komputer, juga untuk para penggemar logika khususnya dasar-dasar logika untuk pemrograman komputer dan perancangan komputer. Buku ini disusun dalam empat bab. Bab pertama berisi kalimat-kalimat abstrak dalam logika proporsional, interpretasi, sematic tree, kalimat-kalimat valid, satisfiable dan substitusi. Bab kedua berisi kalimat-kalimat dalam logika predikat, domain, interpretasi, kalimat-kalimat tertutup, valid tidak valid, quantifier. Bab ketiga berisi skema-skema kalimat valid, closure. Bab keempat berisi logika biner, aljabar, Boolean, fungsi-fungsi Boolean, manipulasi aljabar, manipulasi dengan Map

Posted on

Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya

Penulis     : Andri Kristanto

Tebal         : xvi + 182 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi :

Secara garis besar materi dalam buku ini berisi : Definis Sistem, Klasifikasi sistem, sistem analisis, sistem informasi, SIM, Komponen sistem organisasi, Organisasi, metode pengumpulan data, Studi Kelayakan, Pengembangan Sistem, DFD, Kamus Data, Diagram Prosedur, Formulir Output, Formulir Input, Layout Layar, Pengkodean dan Teknik Normalisasi.

Buku ini terdiri dari 10 bab yang berisi :Bab I : Konsep Dasar Sistem Informasi, Bab II : Konsep Organisasi dan SIM, Bab III : Pengembangan Sistem Informasi, Bab IV : Desain Sistem, Bab V : Desain Basis Data, Bab VI : Desain Form dan Tampilan Masukan, Bab VII : Desain Form dan Tampilan Keluaran, Bab VIII: Implementasi Sistem, Bab IX : Studi Kasus Sistem Penggajian, Bab X : Implementasi Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan (DSS) Pada Perusahaan.

 

Posted on

Statistik SEM – Structural Equation Modeling dengan Lisrel

Penulis     : Edi Riadi

Tebal         : xx + 468 hlm

Ukuran     : 20 x 28cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

LISREL adalah software statistik pintar yang mampu menyelesaikan berbagai macam analisis, seperti analisis Structural Equation Modeling (SEM) dan analisis jalur (path analysis) dengan tingkat akurasi yang tinggi. Buku ini diperuntukkan bagi para peneliti, lembaga-lembaga riset, mahasiswa program sarjana (S1) maupun pascasarjana (S2/S3). Melalui software LISREL ini, diharapkan dapat membantu dan mempermudah analisis data dengan model penelitian yang sekompleks apa pun.

Buku ini menyajikan penjelasan bagaimana langkah-langkah menganalisis data penelitian model SEM (Structural Equation Modeling) menggunakan LISREL secara praktis dan simpel dengan penjelasan yang mudah dipahami. Secara ringkas, materi dalam buku ini meliputi:

· Kajian Teoretis SEM, Ukuran Sampel (Sample Size), Spesifikasi Model Persamaan Struktural, Identifikasi Model Persamaan Struktural, dan Metode Estimasi.

· Persiapan Instalasi Software, Operasionalisasi LISREL, Menu PRELIS Data, Menu SIMPLIS Project, Menu Syntax Only, Menu LISREL Project, dan Menu Path Diagram.

· Interpretasi output estimasi LISREL, di antaranya: Ukuran Kecocokan Model (Goodness of Fit), Perhitungan Koefisien Pengaruh Langsung, Pengaruh Tidak Langsung, dan Pengaruh Total.

· Modifikasi Model SEM, Bentuk Model 2nd Order CFA, SIMPLIS Model 2nd Order CFA, Mengatasi Error Message (Heywood Cases), dan Interpretasi Model 2nd Order CFA.

· Menyusun Skor Variabel Laten, SIMPLIS Skor Variabel Laten.

· Analisis SEM Multisample, Analisis SEM Multisample Keseluruhan, Analisis SEM Multi Sampel Parsial (Baseline), Multisample dengan Parameter Ditetapkan Sama, dan Multisample dengan Parameter Berbeda.

· Analisis SEM dengan Data Dikotomis dan Interpretasi Output Estimasi.

· Contoh Aplikasi SEM dengan 6 Variabel Laten dan Contoh Aplikasi SEM dengan 8 Variabel Laten, dimulai dari penentuan ukuran sampel, Spesifikasi Model, Metode Estimasi, Hipotesis Penelitian, dan Pembahasan secara komprehensif.

Posted on

Analisis dan Perancangan Sistem Basis Data

Penulis     : Wahyu Reksoatmojo

Tebal         : xii + 228 hlm

Ukuran     : 19 x 23 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Informasi dan data adalah dua hal yang sangat berbeda. Informasi dapat dipahami oleh seseorang, sementara data adalah nilai-nilai yang tersimpan pada media pasif seperti flashdisk atau hardisk komputer. Tujuan dari sistem manajemen database (DBMS) adalah untuk menjembatani kesenjangan antara informasi dan data, sehingga data yang disimpan dalam memori uatama maupun sekunder akan dikonversi menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan.

Buku referensi ini berkonsentrasi pada berbagai teknik untuk merancang basisdata dalam sistem basisdata relasional, termasuk di dalamnya adalah perancangan basisdata logikal dan fisikal. Pengetahuan tentang pemodelan data dan teknik perancangan basisdata sangat penting bagi para praktisi basisdata dalam kaitannya dengan pengembangan sistem informasi. Dengan demikian diharapkan pembaca utama buku referensi ini, selain para mahasiswa yang mengikuti matakuliah Sistem/Teknologi Basisdata, Sistem Pendukung Keputusan, juga para praktisi yang bergerak dalam kegiatan pengembangan sistem informasi. Jika terdapat kesalahan yang menjadi tanggungjawab penulis, penulis mengharapkan kritik/saran yang membangun dari para pembaca demi berlangsungnya penyebaran ilmu yang berkaitan dengan sistem basisdata.

Posted on

Photopreneurship, Mendulang Dolar Melalui Foto

Penulis     : M. Suyanto

Tebal         : xii + 468 hlm

Ukuran     : 19 x 23 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi:

Buku Photopreneurship: Mendulang Dolar Melalui Foto memberikan gambaran cara membuat foto yang dapat mendulang dolar. Buku ini ditulis dengan pendekatan praktis disertai dengan gambar dan contoh foto dipotret sendiri yang subjeknya berasal dari berbagai Negara. Foto diambil menggunakan smartphone maupun kamera digital serta sumber dari shutterstock agar lebih mudah dipahami. Buku ini diharapkan dapat digunakan oleh para professional fotografi, para peminat dalam bidang fotografi, maupun yang masih dalam tahap belajar fotografi agar dapat menjadi fotografi professional dan dapat memasarkan foto hasil karya mereka.

Posted on

Rumus dan Fungsi Terapan pada Microsoft Excel untuk Mengolah Data dan Laporan+cd

Penulis     : Madcoms

Tebal         : viii + 232 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi:

Pokok bahasan yang disajikan dalam buku Rumus dan Fungsi Terapan Microsoft Excel untuk mengolah Data dan Laporan ini meliputi:
• Memahami hal-hal dasar apa yang harus anda ketahui dalam penggunaan rumus dan fungsi di Microsoft Excel
• Memahami lebih detil dan mendalam tentang tab Formulas dari Microsoft Excel.
• Mempelajari berbagai rumus dan fungsi terapan Microsoft Excel untuk konversi-konversi data.
• Mempelajari berbagai rumus dan fungsi terapan Microsoft Excel Kategori fungsi logika.
• Mempelajari berbagai rumus dan fungsi terapan Microsoft Excel untuk mengolah laporan keuangan
• Mempelajari rumus dan fungsi terapan Microsoft Excel untuk berbagai laporan yang menggunakan referensi tabel
Buku ini juga disertai dengan latihan dan langkah-langkah yang mudah dipahami, dan tentunya pembahasan yang rinci saat mengolah data dan laporan. Selain itu juga disertai CD Penyerta yang did alamnya berisi seluruh file-file latihan yang dibahas dalam buku ini.mudah-mudahan buku ini bisa sangat membantu Anda agar dapat memaksimalkan rumus dan fungsi-fungsi yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk mengolah data dan laporan.