Posted on

Hidroponik Rumahan

Penulis     : Ant. Ardath Kristi

Tebal         : viii + 128 hlm

Ukuran     : 17,5 x 24,5 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Hidroponik masih dipandang sebagai teknologi budi daya yang sulit dan membutuhkan modal yang besar dalam pembuatannya. Ternyata tidak selalu seperti itu. Kini, hidroponik bisa diaplikasikan dengan mudah dan murah, bahkan kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Buku ini difokuskan pada pembuatan instalasi hidroponik yang cukup efisien dan menghemat uang, serta buku ini sangat mudah dipahami oleh berbagai kalangan.

Posted on

Teknologi Pengolahan Pangan

Penulis     : Enceng Sobari

Tebal         : xviii + 254 hlm

Ukuran     : 17,5 x 24,5 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun yang tidak diolah diperuntukkan sebagai makanan atau minuman untuk dikonsumsi manusia. Sangatlah penting untuk menghasilkan bahan pangan dengan kualitas tinggi sampai di tangan konsumen agar aman dikonsumsi. Keamanan pangan telah menjadi salah satu isu sentral dalam perdagangan produk pangan. Karakteristik bahan pangan hasil pertanian tidak bertahan lama (perishable). Hal itu disebabkan oleh masih hidupnya bahan tersebut dapat melakukan fungsi metabolisme atau akibat adanya mikroorganisme yang merusak. Keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia.
Setiap jenis bahan pangan yang diambil dan dimanfaatkan berbeda-beda kandungan gizi dan termasuk umur simpannya. Umur simpan menjadi hal yang sangat penting di dalam industri makanan, sebab berkaitan dengan ketersedian pangan untuk memenuhi kebutuhan manusia agar terus dapat bertahan hidup. Demi menjaga keamanan pangan, meningkatkan nilai ekonomis dan nilai gizi yang jauh lebih banyak dari nutrisi alamiahnya. Bahan pangan hasil pertanian, peternakan, dan perikanan dapat diolah menjadi produk makanan atau minuman melalui pengolahan dengan cara atau metode tertentu, seperti pengawetan, pengeringan, pengasapan, pemberian suhu tinggi atau rendah, dan fermentasi agar tahan lama dan jauh lebih enak dimakan. Buku ini memberikan pemahaman kepada pembaca tentang prinsip-prinsip dasar dalam pengolahan, pengawetan, pengemasan, dan penyimpanan pangan yang harus dilakukan sesuai dengan komoditas tertentu. Selain itu, buku ini membahas secara detail kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi pada bahan pangan setelah dipanen. Bukan hanya prinsip pengolahan bahan pangan saja yang dikupas dalam buku ini, tetapi dibahas pula kajian teknologi dan inovasi yang diterapkan dalam penanganan pangan agar diperoleh produk makanan yang layak dikonsumsi, punya nilai kebaruan, dan memiliki kualitas.

Posted on

Sukses Budi Daya Pepaya California di Perkarangan dan Perkebunan

Penulis     : Hieronymus Budi Susanto

Tebal         : viii + 88 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi:

Papaya ini termasuk berumur genjah sehingga produksinya melimpah. Dalam satu bulan bisa dipanen sampai 4 kali. Sekali panen, setiap pohon papaya California menghasilkan 10-20 buah. Sehingga setiap panen bisa mencapai 2 ton per hektar. Panen perdana berumur 7-9 bulan usia produktif sampai 4 tahun. Keunggulan lainnya adalah rasa buah manis sampai manis sekali, dan daging buah kenyal dan tebal, serta tidak cepat matang membusuk.
Peluang pasar papaya California juga masih terbuka dan menguntungkan karena sebagian besar serapan pasar papaya California yang kadang permintaanya tidaj terpenuhi. Sebab, sampai hari ini ketersedian buah papaya California relative terbatas.
Buku ini memberikan panduan teknis bagaimana bertanam papaya California secara benar, baik di pekarangan bagi anda yang ingin menanam sendiri di rumah maupun skala perkebunan yang sekaligus disertai gambaran berfokus pada agribisnisnya.

Posted on

Pengantar Ilmu Penyakit Tumbuhan

Penulis     : Cipta Meliala

Tebal         : 324 hlm

Ukuran     : 14,5 x 21 cm

Penerbit   : UGM Press

Deskripsi :

Buku ini membahas dan menguraikan kompleksitas penyakit tumbuhan, faktor yang mempengaruhi interaksi inang-patogen, perkembangan penyakit, dan dampaknya terhadap nilai ekonomi. Uraian pada setiap pokok bahasan dan hubungannya dengan pokok bahasan lainnya diupayakan sejelas mungkin.

Posted on

Genetika Tumbuhan

Penulis     : L.V. Crowder

Tebal         : 499 hlm

Ukuran     : 14,5 x 21 cm

Penerbit   : UGM Press

Deskripsi :

Perkembangan pertanian dalam beberapa dasawarsa terakhir ini telah mengalami kemajuan yang sungguh luar biasa. Aneka tanaman baru yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, berhasil dibentuk dari berbagai percobaan perkawinan silang. Rekayasa genetika menjadi kata kunci yang tak asing lagi bagi para peneliti, praktisi dan mahasiswa pertanian. Buku ini akan mengantar Anda memahami dasar-dasar genetika tumbuhan, ilmu yang menjadi dasar dari semua perkem­bangan ini.

Buku ini terdiri dari 14 Bab, yaitu (1) Mekanisme Sel – Mitosis dan Meiosis Daur Perkembangbiakan; (2) Dasar-dasar Pewarisan Mendel; (3) Interaksi Gen dan Penampakan Gen; (4) Bahan Genetik; (5) Tentang Gen, Pindah Silang dan Pemetaan Kromosom; (6) Pewarisan di Luar Inti (Sitoplasmik); (7) Struktur Halus Genetik – Regulasi Gen; (8) Penentuan Jenis Kelamin dan Pewarisan Sifat yang Ada Hubungannya dengan Jenis Kelamin; (9) Perubahan Struktur Kromosom; (10) Keragaman Jumlah Kromosom; (11) Mutagenesis; (12) Ketahanan Penyakit pada Tanaman; (13) Genetika Populasi – Keseimbangan Hardy-Weinberg; dan (14) Pewarisan Kuantitatif.

 

Posted on

Morfologi Tumbuhan

Penulis     : Gembong Tjitrosoepomo

Tebal         : 268 hlm

Ukuran     : 14,5 x 21 cm

Penerbit   : UGM Press

Deskripsi :

Buku ini membahas tentang morfologi dan sekaligus memberi tuntunan dalam mendeskripsi tumbuh-tumbuhan. Teruta­ma ditujukan untuk pra mahasiswa yang harus menguasai bidang morfologi tum­buhan sebagai bekala dalam mempelajari taksonomi. Juga dapat digunakan oleh pelajar-pelajar sekolah menengah yang dalam kurikulumnya tersedia waktu cukup banyak untuk pelajaran Ilmu Tumbuhan.

Posted on

Dasar-Dasar Teknik Irigasi

Penulis     : R.A. Bustomi Rosadi

Tebal         : xvi + 92 hlm

Ukuran     :

Penerbit   : Graha Ilmu

Deskripsi:

Tanaman membutuhkan air untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Kebutuhan air untuk tanaman harus dipenuhi oleh air dalam tanah melalui sistem perakaran. Aplikasi pemberian air untuk memenuhi kebutuhan tanaman pada waktu dan cara yang tepat disebut irigasi. Buku ini menguraikan tentang hubungan air, tanah dan tanaman, kebutuhan air, penjadwalan irigasi, kualitas air, metode irigasi dan pengukuran aliran.

 

Posted on

Sargassum: Karakteristik Biogeografi dan Potensi

Penulis     : Noer Kasanah (Editor), Wisnu Adhi S., M. Akbar H.R.P., Maria Ulfah Dan Triyanto

Cetakan    : 2017

Tebal         : 163 hlm

Ukuran     : 15,5 x 23 cm

Penerbit   : UGM Press

Deskripsi :

Penulisan buku ini dilandasi keinginan tim penulis untuk memberikan sumbangan referensi buku di Indonesia khususnya mengenai rumput laut yang masih sangat terbatas. Banyak sekali spesies rumput laut Indonesia yang belum diidentifikasi dan dipelajari untuk diambil manfaatnya. Genus Sargassum terpilih sebagai objek tulisan karena ketersediaan Sargassum sangat melimpah di Indonesia dan belum dipelajari serta dimanfaatkan secara maksimal. Buku ini merupakan hasil penelitian tim penulis dan hasil penelusuran pustaka serta database rumput laut yang tersedia.

Penyusunan buku ini bertujuan untuk memberikan informasi berbagai macam spesies Sargassum yang tersebar di seluruh dunia, spesies Sargassum di Indonesia, metabolit primer dan sekunder, serta potensi pemanfaatan Sargassum.