Posted on

Matematika Ekonomi

Penulis     : Saludin Muis

Tebal         : xx + 390 hlm

Ukuran     : 17,5 x 25 cm

Penerbit   : Ekuilibria

Deskripsi :

Matematika bagi mahasiswa bidang ekonomi pada umumnya adalah sebagai alat bantu, bukan fokus utama mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahan yang dijalani. Karena itu, matematika sering menjadi kendala bagi mahasiswa untuk menempuh mata kuliah yang memerlukan dukungan pengetahuan matematika. Untuk membantu mahasiswa mengatasi kendala tersebut, buku ini dihadirkan dengan menekankan aspek praktis dan sederhana, disajikan dengan latar belakang ekonomi mikro-makro dan topik-topik matematika yang dibutuhkan.Matematika untuk pemodelan, diberikan dalam bentuk lampiran berupa pemodelan dengan alat bantu perangkat lunak Minitab, supaya mahasiswa memiliki pengetahuan dasar untuk membangun model-model yang dibutuhkan dari data baku. Pengetahuan verifikasi model, diberikan pada bab terakhir. Hal ini mengingat pemahaman teori matematika pemodelan yang berada di dalam domain ekonometrik, yang menyangkut pengetahuan operasi matriks dan berbagai sifat data baku, bukan sesuatu yang mudah bagi mahasiswa pada umumnya. Padahal pemodelan ekonomi merupakan salah satu pengetahuan penting yang perlu dipahami

Posted on

Geologi Lingkungan

Penulis     : Imam Subekti

Tebal         : xxvi + 406 hlm

Ukuran     : 17 x 24 cm

Penerbit   : Mobius

Deskripsi :

Bumi adalah bagian dari alam semesta, dimana mahluk hidup termasuk manusia hidup dan berkembang biak. Maka lingkungan hidup adalah bagian dari kulit bumi yang merupakan habitat hidupnya yang disebut sebagai biosfer. Sebagai bagian dari bumi, kerak bumi juga berproses dan berkembang secara dinamis, saling berinteraksi diantara komponen-komponennya yang meliputi lithosfer, hidrosfer dan atmosfer, dan berulang secara periodik dalam berbagai bentuk siklus. Maka biosfer yang merupakan habitat hidup bagi berbagai mahluk, juga berproses, berkembang, dan berulang secara periodik dalam siklus-siklus. Sedangkan mahluk hidup sebagai penghuni biosfer, berkembang dan berproses secara adaptatif bahkan berevolusi mengikuti dinamika kerak bumi sebagai habitat hidupnya. Manusia, sebagai mahluk hidup yang khusus dengan kemampuan daya nalarnya, disamping beradaptasi juga mempunyai kemampuan untuk meng-intervensi proses siklus alam sampai pada batas tertentu, oleh karena manusia berkepentingan untuk masa depannya.
Dalam buku ini diuraikan proses-proses geologi, interaksinya dengan proses-proses alam lainnya, termasuk pengulangan-pengulangan dalam bentuk siklus-siklus periodik yang terjadi. Beberapa peristiwa intervensi manusia beserta dampaknya, disampaikan sebagai contoh yang menggambarkan betapa alam akan bereaksi, dan dapat justru mengganggu kepentingan manusia. Sehingga seyogyanya manusia lebih mewaspadai atas segala intervensi nya terhadap siklus alam, oleh karena siklus alam akan terus berjalan, berulang dan akan selalu menemukan jalan untuk melanjutkan siklusnya, atau memulai siklus-siklus yang baru. Bagaimanapun peristiwa-peristiwa alam pada masa lalu dan masa kini akan dapat terus berulang pada masa-masa mendatang.

Posted on

Lumpur Pemboran

Penulis     : Aris Buntoro

Tebal         : xiv + 176 hlm

Ukuran     : 17,5 x 25 cm

Penerbit   : Teknosain

Deskripsi :

Lumpur pemboran merupakan faktor yang penting dalam operasi pemboran. Kecepatan pemboran, efisiensi, keselamatan dan biaya pemboran sangat tergantung dari lumpur pemboran yang dipakai. Lumpur pemboran diperkenalkan pertama kali dalam pemboran putar sekitar tahun 1900. Pada mulanya, orang hanya menggunakan air untuk mengangkat serbuk bor (cutting) secara kontinyu. Kemudian dengan berkembangnya teknologi pemboran, lumpur mulai digunakan, dan fungsi lumpur menjadi semakin komplek dan untuk memperbaiki sifat-sifat lumpur tersebut ditambahkan bahan-bahan kimia (additive).Buku ini memberikan informasi dan pengetahuan tentang lumpur pemboran dan aplikasinya di dunia migas dan panasbumi secara praktis yang mencakup dasar perencanaan, karakteristik clay, bahan-bahan aditif, lumpur inhibitif, stabilitas shale, dan lumpur dasar minyak. Dengan pemahaman terhadap isi materi-materi dalam buku ini diharapkan bahwa pembaca akan mampu menformulasikan lumpur pemboran secara tepat yang pada gilirannya dapat membantu dalam program optimasi pemboran. Dalam buku ini, dikemukakan juga mengenai formulasi lumpur lapangan, cara perawatan, dan aplikasinya. Selain itu juga mengulas tentang diagnosa problem pemboran dan langkah-langkah penanganannya

Posted on

Geologi Umum

Penulis     : Imam Subekti

Tebal         : xiv + 178 hlm

Ukuran     : 21 x 26 cm

Penerbit   : Teknosain

Deskripsi :

Indonesia sebagai titik pertemuan tiga lempeng-lempeng besar kerak bumi, dengan sejumlah besar gunung api aktif, gempa bumi besar dan variasi komposisi kerak bumi yang kompleks, merupakan laboratorium alam besar dalam ilmu geologi. Hal ini menarik minat para pakar dari berbagai negara untuk menelitinya. Maka seyogyanya pengetahuan tentang geologi diperkenalkan sejak dini kepada masyarakat.
Buku ini memberikan uraian tentang ilmu pengetahuan geologi secara umum. Disusun secara kronologis, mulai dengan uraian singkat tentang proses terbentuknya bumi, sebagai salah satu planet di alam semesta. Berlanjut dengan proses pembentukan kerak atau kulit bumi sebagai habitat mahluk hidupnya, termasuk pergerakan dan interaksi diantara lempeng-lempeng kerak bumi. Berikutnya, proses kegunungapian atau volcanology dan gempa bumi, yang merupakan dampak nyata yang terasa sebagai akibat dari interaksi pergerakan lempeng-lempeng kerak bumi. Dibahas pula, proses eksogen dan geomorfologi serta air tanah. Pada bagian akhir diuraikan dalam bentuk kilas balik, bagaimana muka bumi berevolusi, termasuk evolusi kehidupan mahluk hidup yang ada dan pernah ada di bumi.

Posted on

10 Ide Desain Dapur Impian

Penulis     : Trias Mahendarto

Tebal         : ii + 166 hlm

Ukuran     : 20 x 25 cm

Penerbit   : Andi

Deskripsi :

Desain dapur telah menjadi salah satu elemen interior utama sebuah rumah. Hal tersebut juga didukung oleh semakin banyaknya orang yang menyukai aktivitas memasak. Dapur tidak lagi dilihat sebagai sebuah area yang harus dipisahkan atau ditutup dalam sebuah rumah. Namun demikian, kita juga tidak boleh melupakan kalau sebuah dapur yang baik tidak hanya memiliki desain yang baik, tetapi juga harus fungsional.

Buku ini akan menunjukkan contoh-contoh dapur yang fungsional, namun memiliki gaya yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tiap gaya dapat menjadi inspirasi saat kita ingin membuat sebuah dapur baru atau saat kita ingin merenovasi dapur kita. Biaya untuk menyusun ulang dapur kita tidaklah semahal yang kita kira. Kombinasi yang tepat antara desain kabinet dapur, furnitur, perlengkapan memasak, material, dan elemen desain lainnya dapat mengubah desain dapur kita menjadi salah satu daya tarik rumah kita.

Kitchen design has become one of the main interior elements of a house today. It is also supported with more and more people that enjoy the cooking process. The kitchen is no longer considered a room that needs to be separated or to be closed in our house design. However, we still need to remember that aside from its design, a kitchen still needs to be functional.

This book will show examples of functional kitchen that has unique and different styles from one to another. Each style can become an inspiration for us to design a new kitchen, or to renovate our current kitchen. Rearranging our kitchen is not as expensive as it seems. A perfect combination between the design of the kitchen cabinets, furniture, cooking appliances, materials, and other design elements can change the design of our kitchen into one of the main attractions of our home.

Posted on

Panduan Praktis Analisis Kelayakan Investasi Batubara

Penulis     : Oddang Rewu

Tebal         : xiv +200 hlm

Ukuran     : 21 x 26 cm

Penerbit   : Teknosain

Deskripsi :

Menurut data dari APBI (Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia) bulan November 2013, untuk proyeksi tahun 2014, Indonesia kini tercatat sebagai produsen batubara terbesar ketiga di dunia, dengan total produksi sekitar 400 juta Metrik Ton (MT). Investor yang ingin melakukan investasi dalam bisnis batubara ini disarankan melakukan suatu kajian uji tuntas (due diligence) dengan memperhitungkan beberapa parameter kelayakan investasi dengan tinjauan berbagai aspek seperti aspek legalitas lahan batubara, aspek teknis dan aspek financial yang pada intinya investor akan menentukan apakah bisnis ini layak (feasible) dilaksanakan atau tidak.
Materi yang dibahas dalam buku ini ditampilkan dengan jelas, lugas, mudah dan singkat dengan berbagai latihan soal yang interaktif. Pembahasan disusun secara sistematis dari kasus sederhana, cukup sulit, hingga tinggkat kesulitan yang tinggi. Buku ini cocok untuk para investor, konsultasn, mahasiswa dan siapa pun yang berminat dalam bisnis ini.

Posted on

Penguat Operasional (OP-AMP); Teori dan Rangkaian Dasar

Penulis     : Saludin Muis

Tebal         : xvi + 160 hlm

Ukuran     : 17 x 24 cm

Penerbit   : Teknosain

Deskripsi :

Merancang rangkaian elektronik dengan memakai komponen Op-Amp jauh lebih sederhana dari pada memakai komponen transistor. Op-Amp dengan karakteristik lingkar terbuka memiliki besaran bati atau gain dan impedansi masukan sangat besar. Secara praktis, bati dan impedansi masukan tergantung pada lingkar tertutupnya, yang umumnya dikonfigursikan sebagai penguat pembalik, penguat tak membalik dan sebagai pengikut tegangan dengan karakteriknya masing-masing. Dalam pemakaiannya, Op-Amp dipergunakan secara luas tidak hanya sebagai rangkaian penguat, tetapi juga untuk fungsi lainnya, antara lain sebagai pembangkit sinyal atau osilator, pembanding, pewaktu, filter aktif, modulasi dan demodulasi,penguat daya, dan lain-lain.Sajian buku ini lebih ditekankan pada operasi dasar Op-Amp, terutama pada lingkungan sinyal masukan dengan frekuensi rendah atau pada level dc., dengan kata lain, pengaruh frekuensi kerja diabaikan. Pembahasan bersifat komprehensif dan mudah dipahami.

Posted on

Panduan Praktis Perawatan Mobil; Komponen Casis dan Transmisi

Penulis       : Daryanto

Tebal         : x + 332 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi

Pemeliharaan (Maintenance) adalah suatu kombinasi dari setiap tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang dalam, atau untuk memperbaikinya sampai suatu kondisi yang bisa diterima. Yang dimaksud dengan pemeliharaan di sini meliputi perawatan dan perbaikan.

Pemeliharaan terdiri dari dua macam, yaitu :

  1. Perawatan terencana atau perawatan berkala dan
  2. Perawatan tak terencana atau perbaikan jika terjadi kerusakan sewaktu-waktu.

Perawatan terencana atau perawatan berkala atau servis dikerjakan atas dasar sejauhmana atau berapa lama kendaraan telah berjalan (dalam km atau bulan), meskipun dalam kegiatan ini sebenarnya juga kadang-kadang terjadi sedikit kegiatan perbaikan. Sedangkan perawatan tak terencana disebut dengan perbaikan atau reparasi, yaitu jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan di luar jadwal perawatan berkala.

Banyak pekerjaan kontrol dan diagnosa yang harus dilakukan pada servis kendaraan. Kelalaian pada pengontrolan akan menaikkan jumlah resiko gangguan dan kerusakan yang tidak dapat diperkirakan

 

Posted on

Panduan Praktis Perawatan Mobil; Komponen Mesin

Penuli       : Daryanto

Tebal         : x + 300 hlm

Ukuran     : 16 x 23 cm

Penerbit   : Gava Media

Deskripsi

Pemeliharaan (Maintenance) adalah suatu kombinasi dari setiap tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang dalam, atau untuk memperbaikinya sampai suatu kondisi yang bisa diterima. Yang dimaksud dengan pemeliharaan di sini meliputi perawatan dan perbaikan.

Pemeliharaan terdiri dari dua macam, yaitu :

  1. Perawatan terencana atau perawatan berkala dan
  2. Perawatan tak terencana atau perbaikan jika terjadi kerusakan sewaktu-waktu.

Perawatan terencana atau perawatan berkala atau servis dikerjakan atas dasar sejauhmana atau berapa lama kendaraan telah berjalan (dalam km atau bulan), meskipun dalam kegiatan ini sebenarnya juga kadang-kadang terjadi sedikit kegiatan perbaikan. Sedangkan perawatan tak terencana disebut dengan perbaikan atau reparasi, yaitu jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan di luar jadwal perawatan berkala.

Banyak pekerjaan kontrol dan diagnosa yang harus dilakukan pada servis kendaraan. Kelalaian pada pengontrolan akan menaikkan jumlah resiko gangguan dan kerusakan yang tidak dapat diperkirakan