Pilih Produsen
Customer Support
Condongcatur, Depok, Sleman,
DI. Yogyakarta 55283
 
Layanan 1
Layanan 1
 
Layanan 2
Layanan 2

 

 

 

Masjid Agung Banten
[978-979-3472-77-4]
 
Rp30.000
Rp24.000

Share

Penulis      : Juliadi

Tebal          : xviii + 192 hlm

Ukuran       : 12 x 18 cm

Penerbit     : Ombak

Deskripsi:

Banten Lama, nama yang tidak asing dan sangat istimewa bagi orang Banten, karena memiliki nilai tersendiri. Ia memiliki kandungan nilai sejarah yang cukup tinggi. Berkaitan dengan nilai itu, bisa dikatakan Banten Lama merupakan landasan ideologi bagi sebagian besar masyarakat Banten. Dikatakan demikian karena hampir segala perikehidupan masyarakat Banten menjadikan Banten Lama sebagai tonggak awal peradaban Islam, dimana kini Islam merupakan agama yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Banten. Bahkan pada tahun 1999-2000 ketika Banten ingin menjadi provinsi tersendiri, tokoh-tokoh Banten dengan penuh keyakinan berdiri di atas reruntuhan bekas Kesultanan Banten sembari mengingatkan peran sentral kesultanan ketika mencapai puncak kejayaannya abad ke-16—18.

Salah satu tinggalan di kawasan Banten Lama yang masih eksis dan dipergunakan sebagaimana fungsinya dari awal adalah Masjid Agung Banten. Masjid ini berada di bekas pusat kota Kesultanan Banten. Keeksisan Masjid Agung Banten menjadikannya sebagai nafas sejarah dan budaya Banten. Ia hadir di tempat ini sejak pusat pemerintahan Banten dipindahkan dari Banten Girang ke Banten Lama, ia menjadi bagian dari tata kota Islam dan roh kehidupan masyarakat yang Islami. Bahkan sampai hari inipun ramai dikunjungi oleh peziarah dari berbagai daerah.

Namun sayang, meski ramai dikunjungi, keberadaan Masjid Agung Banten nampaknya perlahan mulai mengalami pergeseran nilai. Nilai agama, nilai ilmu pengetahuan dan nilai sejarah dimana nilai ideologi melekat, kini mulai ditingglkan dan lebih didominasi oleh nilai magis. Masyarakat (baca: peziarah) percaya bahwa berkunjung ke Masjid Agung Banten dan makam-makam sultan yang ada di tempat tersebut menjadi media ngalap berkah. Meski memang tidak bisa dipungkiri bahwa hal semacam itu sudah ada sejak dahulu.

Buku ini mencoba menguraikan peran Masjid Agung Banten pada masa lalu, arsitektur, sejarah, dan budaya yang melingkupinya hingga bisa eksis sampai kini. Sebuah peran penting ditunjukkan oleh Masjid Agung Banten adalah informasi berharga untuk menata Banten ke depan. Bukankah Pemerintah Provinsi Banten dan beberapa kabupaten di daerah ini serta beberapa lembaga-lembaga non pemerintah menampilkan Masjid Agung Banten sebagai logo atau simbolnya? Tentu ada makna dibalik semua itu.

Jml Produk Harga
Kereta Belanja masih kosong
Sub Total :  Rp0