Customer Support
Condongcatur, Depok, Yogyakarta 55283
HP. 082 328 979 777
 
Layanan 1
Layanan 1
 
Layanan 2
Layanan 2

 

 

 

DVD Kuliah Hermeneutika oleh Prof. Dr. I. Bambang Sugiharto
[DVDM01] - TIDAK TERSEDIA
 
Rp120.000

Share

Istilah “hermeneutika” kini telah menjadi salah satu kata kunci pokok dalam dunia pemikiran abad 20 dan 21. Dalam khazanah filsafat Barat kontemporer, hermeneutika telah berhasil menyingkapkan berbagai persoalan mendasar pola pikir “modern” serta menampilkan berbagai kemungkinan baru untuk memahami realitas, yang kemudian dikenal sebagai perspektif “postmodern”. Dalam teologi, hermeneutika telah mengubah pula secara mendasar pola pemahaman/penafsiran kitab suci dan bersama dengan itu mengubah pula pola dasar spiritualitas. Sebagai dampaknya, maka persepsi tentang “agama” pada umumnya pun berubah. Dalam dunia seni, hermeneutika pun banyak mengubah pola kritik seni. Lebih jauh lagi, bahkan mengangkat perspektif estetik menjadi sentral dalam segala kegiatan manusia. Sedang bagi ilmu-ilmu empiris, hermeneutika telah menimbulkan kesadaran diri yang membuat ilmu-ilmu memahami dirinya secara baru pula.


Dalam 10 keping DVD ini, Prof. Dr. Bambang Sugiharto, salah seorang pakar hermeneutika dan juga Guru Besar Fakultas Filsafat UNPAR, memaparkan sejarah, seluk beluk dan berbagai prinsip dasar hermeneutika serta pengaruhnya bagi berbagai ilmu dan bagi pemahaman kita akan diri sendiri. Disampaikan dengan pemaparan yang fasih, kuliah ini akan memberikan pencerahan bagi Anda untuk kemudian akan mempermudah jalan masuk Anda untuk lebih mendalami hermeneutika.

 

DISC 1: Mengapa hermeneutika; hermeneutika dalam seni, sosiologi, psikologi; positivisme; metafisika, metode dan relativisme.

DISC 2: Etimologi; sejarah; Schleiermacher, Dilthey, Heidegger, Gadamer, Ricoeur; asumsi; hermeneutic circle; pol dasar; simbol; realitas; kebenaran.

DISC 3: Ketaksadaran kolektif; potensi imajinatif; historisisme; prasangka dan kependingan; reader effect; penafsiran; penulis; prefigurasi, konfigurasi, transfigurasi.

DISC 4: Pre-understanding; explanation; understanding; interpretation; demitologisasi; kreatif imaji.

DISC 5: Subject matter; kreatif imaji; kritis; nihilisme; dekosntruksi.

DISC 6: Filosofi pemahaman; disclosure; berpikir; occular-centrism; relasi dengan realitas.

DISC 7: Open responsiveness; inner struggle; moments of disclosure; Bultmann; demitologisasi; makna eksistensial.

DISC 8: Bultmann; Ernst Fuch; word event; Gadamer; permainan; subject matter; apresiasi seni; bahasa; sejarah; teks.

DISC 9: Dunia makna; pemahaman diri; pembekuan teks; eksistensialistik; flux; rhizomatic; individual.

DISC 10: Konotasi hermeneutik; filsafat menafsir; objektivitas; bahasa; agama; sakralitas kitab; wilayah transendental; pola dalam kompleksitas; relativisme; redefinisi.