Pilih Produsen
Customer Support
Condongcatur, Depok, Sleman,
DI. Yogyakarta 55283
 
Layanan 1
Layanan 1
 
Layanan 2
Layanan 2

 

 

 

Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia
[978-602-8545-87-7]
 
Rp46.000
Rp39.100

Penulis       : Erwan Agus Purwanto, Ph.D & Dyah Ratih Sulistystuti, M.Si

Cetakan      : 2012

Tebal          : xiv + 194 hlm

Ukuran       : 16 x 23 cm

Penerbit     : Gava Media

Deskripsi:

Implementasi kebijakan merupakan persoalan yang penting di Indonesia. Pasalnya, setiap tahun pemerintah mengeluarkan dana ribuan triliun rupiah untuk mendanai berbagai program pembangunan. Sayangnya realitas yang ada menunjukkan bahwa implementasi berbagai program tersebut lebih banyak yang gagal daripada yang berhasil. Praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) menjadi batu sandungan serius yang menyebabkan kegagalan berbagai program pembangunan pemerintah tersebut. Selain pratik KKN, masih ada banyak faktor lain yang menjadi penyebab sulitnya implementasi dilaksanakan, seperti buruknya koordinasi antar sektor, kesalahan dalam memilih instrumen kebijakan, kesalahan dalam memilih kelompok sasaran, dan lain sebagainya.
Buku ini membahas implementasi dari dua perspektif. Pertama, implementasi ditempatkan sebagai bagian dari siklus perumusan kebijakan publik. Dalam hal ini implementasi dilihat sebagai upaya policy maker untuk mencapai tujuan kebijakan melalui tahapan-tahapan yang dimulai dari perumusan agenda, formulasi, legitimasi, implementasi, evaluasi, dan terminasi kebijakan. Kedua, implementasi diposisikan sebagai suatu field of study. Dalam perspektif ini, implementasi adalah suatu fokus studi di mana para sarjana berusaha untuk memahami persoalan implementasi. Sebagai suatu fokus studi maka implementasi memiliki ontologi, epistimologi dan metodologi yang digunakan untuk memahami persoalan implementasi.
Dengan menggunakan dua perspektif tersebut, buku ini mencoba menghubungkan dua dunia yang sering kali terdikotomi, yaitu : dunia praktik dan dunia teori. Harapannya, penggunaan dua pendekatan ini akan memberikan kontribusi perkembangan teori dan praktik implementasi di dua wilayah yang berbeda tersebut secara simultan

Jml Produk Harga
Kereta Belanja masih kosong
Sub Total :  Rp0